Pandemi Covid-19, Jokowi: Masih Banyak Tantangan, Tapi Sudah Banyak yang Dilakukan

0
157

Sumber: detik.com

LiputanIslam.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui pandemi Covid-19 masih banyak menyisakkan tantangan yang perlu diselesaikan. Namun, Jokowi mengklaim tidak sedikit yang sudah dilakukan pemerintah untuk mengatasinya.

“Saya paham masih banyak tantangan, namun tidak sedikit yang telah kita kerjakan,” kata Jokowi, Minggu (4/10).

Jokowi mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam program untuk menangani masalah-masalah yang muncul selama pandemi dengan keterbatasan keuangan negara.

Baca: Kadin: Sekitar 30 Juta UMKM Tutup Akibat Pandemi Covid-19

“Banyak yang telah pemerintah lakukan, banyak sekali macam-macam programnnya. Di tengah keterbatasan keuangan negara, saya mengambil risiko untuk mengatasi masalah ini,” ucapnya.

Jokowi menyebutkan, dana yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi wabah corona sudah mencapai ratusan triliun rupiah. Meski begitu, dia masih merasa belum puas. Dia mengingatkan para menterinya untuk bisa bekerja lebih baik lagi. Program-progam yang dibuat harus lebih tepat sasaran dan lebih terarah.

“Angka-angkanya silakan lihat sendiri di tampilan yang ada di sini, berapa ratus triliun yang kita kerahkan untuk mengatasi wabah, maupun untuk membantu warga. Kendati demikian, saya juga belum puas. Saya ingin menteri-menteri lebih baik lagi dalam bekerja. Kita harus terus melakukan penyesuaian kebijakan, mencari yang lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 merupakan masalah baru, dan belum ada negara yang berani mengklaim sudah menemukan solusi yang terbaik. Masing-masing negara memiliki masalah dan cara penanganan yang berdea. Untuk itu, solusi yang dibuat harus disesuaikan dengan masalah yang ada di negara tersebut.

“Tiap negara juga berbeda-beda masalahnya, berbeda cara dalam menaganinya, jadi kita pun harus terus menyesuaikan diri mencari cara terbaik yang paling cocok dengan situasi kita,” ungkapya. (sh/detik/kompas/wartaekonomi)

 

DISKUSI: