Siang Hari, Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.839 per Dolar AS

0
133

Sumber: wartaekonomi.co.id

LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu (23/9) siang melemah ke posisi Rp 14.839 per dolar AS. Rupiah melemah 54 poin atau 0,37 persen dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.

Pada perdagangan siang hari ini, mayoritas mata uang utama Asia mengalami pelemahan. Ringgit Malaysia melemah 0,64 persen, baht Thailand 0,24 persen, yuan China 0,21 persen, yen Jepang 0,13 persen, dolar Taiwan 0,08 persen, peso Filipina 0,08 persen dan dolar Singapura 0,07 persen.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah terjadi karena sentimen eksternal, yakni testimoni Gubernur Bank Sentral AS yang mengungkapkan ekonomi masih dalam ketidakpastian.

Baca: Akhir Pekan, Rupiah Ditutup Menguat ke Posisi Rp 14.735 per Dolar AS

“Sentimen penguatan dolar AS masih terlihat di pasar keuangan pasca testimoni Gubernur Bank Sentral AS di hadapan Kongres yang mengungkapkan bahwa ekonomi masih penuh ketidakpastian,” kata dia.

Dari dalam negeri, kepastian resesi menekan pergerakan rupiah. Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memprediksi ekonomi Indonesia akan kembali negatif pada kuartal III. Dengan demikian, Indonesia dipastikan akan jatuh dalam resesi.

“Di sisi lain, dari dalam negeri, kepastian resesi juga bisa menjadi tekanan untuk rupiah hari ini,” ucapnya.

Menurutnya, rupiah pada perdagangan hari ini akan bergerak di kisaran Rp 14.750 per dolar AS hingga Rp 14.850 per dolar AS.  (sh/kontan/kompas/antaranews)

 

 

DISKUSI: