1,8 Juta Guru Honorer Bakal Dapat Bantuan Rp 600 Ribu Per Bulan

0
146

Sumber: jawapos.com

LiputanIslam.com— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 1,8 juta guru honorer.

Bantuan tersebut akan dilakukan dengan menggunakan skema yang sama seperti bantuan subsidi gaji bagi pekerja dengan penghasilan di bawah Rp 5 jtua.

“Ada program untuk guru honorer 1,8 juta, yang nanti dilaksanakan melalui Kemendikbud dengan kebijakan yang sama dengan subsidi gaji,” kata Airlangga Jumat (18/9).

Baca: Karyawan Swasta Siap Terima BLT Rp 600 Ribu

Airlangga menyampaikan, besaran bantuan juga akan disamakan dengan subsidi gaji bagi pekerja, yaitu Rp 600.000 per bulan. Bantuan untuk guru honorer ini merupakan bagian dari program subsidi gaji untuk pekerja berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan.

Penerima bantuan wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan masa aktif maksimal Juni 2020. Acuan BPJS digunakan karena pemerintah membutuhkan data yang lengkap tentang para tenaga honorer.

Selain itu, kebijakan tersebut merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah kepada mereka yang sudah mengiur dan membayar BPJS Ketenagakerjaan. Program ini diberikan kepada tenaga honorer selama 4 bulan dari September-Desember 2020.

Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto menuturkan, pekerja honorer apapun profesinya bisa mendapatkan bantuan selagai terdaftar sebagai peserta aktif BP Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan).

“Jadi sesuai kriteria dari Menaker bahwa pekerja honorer itu juga diberikan, sepangjang terdaftar sebagai peserta aktif Jamsostek. Tidak terbatas di pendidikan, semua pekerja kayak driver, security, dan sebagainya,” tuturnya. (sh/kompas/detik/liputan6)

 

 

 

 

DISKUSI: