Karyawan Swasta Siap Terima BLT Rp 600 Ribu

0
117

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia mengatakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu untuk karyawan swasta akan cair pada 25 Agustus 2020.

“Rencanannya, Bapak Presiden menyerahkan secara langsung dan me-launching. Insya Allah tanggal 25 Agustus ini,” kata Ida.

Bantuan sebesar Rp 600 ribu akan diberikan kepada karyawan swasta dan pegawai non PNS yang sudah memenuhi kriteria. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 14/2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca: Kemensos Salurkan Bansos Beras dan Uang Tunai Rp 500.000

Dalam peraturan tersebut, penerima bantuan merupakan warga negara Indonesia (WNI), masuk pada kategori pekerja Penerima Upah (PU), merupakan peserta BP Jamsostek aktif sampai dengan Juni 2020, dan memiliki upah terakhir di bawah Rp 5 juta.

Direktur BP Jamsostek Agus Susanto mengatakan, sedikitnya da 7,5 juta pekerja yang sudah memenuhi kriteria dan siap menerima bantuan. Data tersebut diperoleh dari hasil seleksi dari total 13,5 juta lebih nomor rekening yang diterima pihaknya.

“Kami masih mendorong perusahaan yang belum menyampaikan nomor rekening pekerjanya agar segera mengirimkan, jangan sampai ada pekerja yang berhak dan memenuhi ketentuan malah tidak mendapatkan,” kata dia, Sabtu (22/8).

Pemerintah telah menganggarkan Rp 37,7 triliun untuk program subsidi pekerja terdampak Covid-19. Dengan proram ini, pekerja akan menerima bantuan Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Secara teknis, uang akan ditransfer 2 bulan sekaligus sebanyak 2 kali, masing-masing sebesar Rp 1,2 juta per orang. (sh/tribunnews/cnnindonesia)

 

 

 

DISKUSI: