Core: Inflasi Tahun Ini Terendah Sepanjang Sejarah Indonesia

0
156

Sumber: detik.com

LiputanIslam.com— Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics Mohammad Faisal memprediksi inflasi Indonesia pada 2020 akan menjadi yang terendah sepanjang sejarah Indonesia.

“Inflasi di 2020 ini prediksinya akan menjadi rekor inflasi terendah selama kurang lebih dua dasawarsa bahkan sepanjang republik ini,” kata Faisal, Kamis (17/9).

Dari awal tahun hingga Agustus 2020, laju inflasi Indonesia baru mencapai 0,9 persen. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, inflasi sudah mencapai 2,5 persen, dan pada 2018 mencapai 2,3 persen.

Baca: BI Prediksi Inflasi Juli 0,04 Persen

“Ini jauh lebih rendah dari tahun sebelumnya atau bahkan lebih dari lima tahun lalu ketika kita masih menghadapi inflasi tinggi sekali di atas 3 persen,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu komponen inflasi terendah adalah transportasi. Komponen lainnya adalah informasi, komunikasi dan jasa keuangan. Di sektor kesehatan, inflasi cukup tinggi tinggi karena adanya kebutuhan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi.

“Artinya permintaan naik, harga meningkat. Ini wajar karena pandemi banyak orang menjaga kesehatan, jadi produk kesehatan mahal,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksikan inflasi pada 2020 akan berada di bawah 2,5 persen. Proyeksi tersebut seiring dengan adanya penurunan konsumsi masyarakat yang terjadi karena pembatasan aktivitas ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Tren ini harus diantisipasi dengan (dampak) tekanan ke harga-harga,” kata dia.

Dia mengungkapkan, pemerintah terus berupaya menerapkan berbagai kebijakan untuk menstabilkan inflasi administered price. Hal ini diharapkan bisa menjaga stabilitas ekonomi tahun depan. (sh/tempo/wartaekonomi/cnnindonesia)

 

DISKUSI: