Pengamat Minta Pemerintah Tata Transportasi Umum di Daerah

0
61

Sumber: merdeka.com

LiputanIslam.com— Pengamat transportasi Djoko Setijowarno meminta pemerintah untuk menata moda transportasi umum di daerah.

“Negara harus hadir untuk turut memperbaiki dan menata transportasi umum perkotaan di daerah. Di masa pandemi bisa jadi momentum meningkatkan layanan transportasi umum,” ujar Djoko di Jakarta, Minggu (6/9).

Dia menilai, pemikiran pembangunan transportasi umum antara pusat dengan daerah seringkali tidak sejalan. Permintaan bantuan transportasi umum dari daerah juga kerap tidak disertai dengan perencanaan yang baik.

Baca: Menhub Buka Transportasi ke Luar Daerah Mulai Besok

“Kerap daerah meminta bantuan transportasi umum berupa sarana. Akan tetapi belum disiapkan masterplan perencanaan jaringan dan masterplan pengelolaan atau operasional transportasi umum,” ungkapnya.

Hal tersebut membuat bantuan fasilitas transportasi berupa sarana bus tidak dapat beroperasi secara maksimal di daerah. Bahkan ada beberapa daerah menunda atau tidak mengoperasikan bantuan sarana bus yang mereka minta.

Dia mengungkapkan, dengan adanya perbaikan kualitas transportasi umum di daerah, mobilitas masyarakat bisa terjaga sehingga menunjang pemulihan ekonomi.

Salah satu contoh perbaikan yang  perlu dilakukan adalah di Bali. Djoko menyebutkan, Trans Metro Dewata akan hadir di Bali. Moda transportasi ini akan beroperasi di kawasan Aglomerasi Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan).

“Kali ini, bus yang beroperasi berlantai rendah (low deck) sehingga perlu halte khusus. Sementara belum ada anggaran, cukup diberikan stop bus di beberapa titik halte yang sudah ditentukan. Jika nantinya sudah cukup banyak penggunannya dapat dibangun halte yang lebih representatif. (sh/kompas/detik)

 

 

DISKUSI: