1.174 Hotel di Indonesia Tutup Akibat Corona

0
378

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat 1.174 hotel di Indonesia tutup akibat penyebaran virus corona.

“Per hari ini 1.174 (hotel yang tutup). Saya ngumpulin terus (data) hotel yang tutup. Masing-masing properti kan punya kekuatan berbeda-beda, yang sudah nggak kuat pasti tutup lebih awal,” ujar Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran, Minggu (5/4).

Yusran mengatakan, berdasarkan wilayah, hotel yang paling banyak tutup terjadi di Jawa Barat, yakni sebanyak 304 hotel. Di susul dengan Bali 169 hotel, Yogyakarta 97 hotel, dan DKI Jakarta 90 hotel.

Baca: Dampak Corona, Peternak Ayam Terancam Gulung Tikar

“Semuanya (hotel) berdampak sekarang. Gimana nggak berdampak, setiap daerah me-lock semua untuk masuk ke dalam wilayahnya, yang bergerak juga nggak mungkin bisa. Sedangkan hotel itu adalah tempat untuk orang yang bergerak,” jelasnya.

Dia menyampaikan, jumlah hotel yang tutup kemungkinan akan terus bertambah setiap harinya selama virus corona belum menghilang dari Indonesia. Penutupan hotel ini terjadi karena biaya operasional hotel dengan pendapatan sudah tidak seimbang.

“Memang semua sektor kena saat darurat seperti ini, tapi sektor pariwisata itu yang kena duluan. Awalnya ada pengurangan jam kerja, kemudian tidak ada pendapat akhirnya dirumahkan (karyawan),” kata dia.

Menurutnya, jika situasi ini tidak segera ditangani dengan tepat, perhotelan di Indonesia paling lama akan bertahan hingga bulan Juni saja.

“Tentunya perhotelan akan semakin sepi dan memilih tutup,” ujarnya. (sh/detik/liputan6)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS: