[Dulu] Senja di Allepo

0
80

[wzslider autoplay=”true”]

 “Saya beruntung telah menginjakkan kaki di semua sudut Allepo, kota tua bersejarah dengan bangunan-bangunannya yang menakjubkan, karena jika tidak, maka sampai kiamat pun saya tidak akan pernah melihat bangunan serupa itu lagi karena kini Allepo sudah hancur, luluh lantak akibat perang yang berkepanjangan,” ucap seorang teman.

Pada tahun 2006 lalu , Organisasi Konvensi Islam dan Organisasi Islam untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan merayakan festival tahunan di Allepo, Suriah. Kota tua yang telah berusia lebih dari 10.000 tahun ini, masih terlihat begitu kokoh dan megah, satu-satunya kota Islam di dunia yang memiliki warisan arsitektur yang mengekspresikan setiap periode pemerintahan Islam kala itu.

Keindahannya bisa disaksikan dalam foto-foto ini, yang tentu saja, gambar ini diambil sebelum konflik, karena pada hari ini, Allepo yang merupakan paru-paru Suriah telah hancur lebur dan rata dengan tanah. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita sekalian, Dr Christof Lehmann, konsultan, psikolog pendukung Palestina pernah berkata; “Jika Anda berani , cobalah tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda memiliki rasa kemanusiaan? Jika Anda punya, maka bertindaklah dan hentikan kejahatan membuat Anda percaya  bahwa NATO dan anak laki-laki dan perempuan dari Amerika Serikat , Italia, Inggris, Perancis, Qatar, dan lainnya berjuang dalam perang adalah  demi kehormatan.  Hal terhormat untuk dilakukan adalah berdiri di sisi perdamaian, dan jika perlu mati untuk itu.” 

Sumber foto: Al Monitor, Policymic.com  (ba/LiputanIslam.com)

 

DISKUSI: