[Video]:Lokasi Kedubes AS di Baghdad Dihantam Serangan Roket

0
458

Baghdad, LiputanIslam.com –  Serangan roket Katyusha menerjang Zona Hijau Baghdad yang ditempati gedung pemerintah dan misi diplomatik, termasuk kedutaan AS, pada Ahad malam (20/12).

Sumber-sumber Irak mengatakan sedikit tiga roket Katyusha yang ditembakkan ke arah kedutaan AS menghantam kawasan yang dijaga ketat di ibu kota Irak tersebut.

Dua sumber keamanan Irak yang dikutip oleh Reuters menyebutkan roket-roket itu mendarat di dekat misi diplomatik AS, dan menyebabkan raungan sirene.

Meski peristiwa itu menyebabkan beberapa kerusakan material bangunan dan mobil, namun tidak sampai menjatuhkan korban jiwa.

Seorang pejabat di Zona Hijau mengatakan bahwa salah satu roket teralialihkan oleh sistem anti-roket yang dipasang untuk mempertahankan kedutaan.

Beberapa video beredar terkait dengan tembakan dari sistem pertahanan yang dipasang pasukan AS di sekitar Kedubes AS.

Wartawan AFP di timur ibukota Irak mengaku mendengar sedikitnya lima ledakan, yang disusul dengan pekikan sirine.

Militer Irak dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters menyebutkan bahwa “kelompok penjahat” telah menembakkan roket ke Zona Hijau Baghdad.

Misi AS di Irak juga mengeluarkan pernyataan yang menyebut serangan roket itu sebagai pelanggaran hukum internasional dan serangan langsung terhadap kedaulatan Irak, dan menyerukan kepada para pemimpin Irak  agar mencegah serangan demikian.

Pada tahun ini Kedutaan Besar AS telah menjadi sasaran beberapa kali serangan di tengah meningkatnya sentimen anti-AS di Irak menyusul serangan militer AS yang menewaskan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Letjen Qassem Soleimani, dan wakil ketua pasukan relawan Irak Al-Hashd Al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis, di Baghdad pada 3 Januari.

Pada bulan Juli, tiga roket Katyusa menghantam lokasi dekat Kedutaan Besar AS. Pada September, roket Katyusha mendarat di Zona Hijau Baghdad hingga mendorong pasukan AS untuk menutup pintu kedutaan AS.

Pada 16 Agustus, setidaknya empat roket Katyusha ditembakkan ke arah kedutaan AS, satu di antaranya menerjang lokasi yang ditempati pasukan AS. (mm/presstv/mehrnews)

Baca juga:

Kedubes AS Diserang, Sadr: Parlemen Irak Segera Berunding dengan Kedubes AS

Menhan Israel Minta Militer AS Terus Menekan Iran

DISKUSI: