[Video]: Umat Kristen dan Islam Palestina Berunjuk Rasa Anti-Macron di Depan Gereja Kelahiran

0
181

Betlehem, LiputanIslam.com –  Para pemuka agama Islam dan Kristen menggelar unjuk rasa di depan Gereja Kelahiran atau Gereja Nativitas di Betlehem, Tepi Barat, Rabu (28/10/2020), untuk menandai protes dan kecaman mereka terhadap penerbitan karikatur di Prancis yang menghina Nabi Besar Muhammad saw.

Dalam video yang diunggal kanal Youtube terlihat Uskup Agung Palestina Atallah Hanna dari Gereja Ortodoks Yunani berdiri bersama para pemuka agama Islam dan warga yang membawa poster dan spanduk kecaman terhadap penistaan tersebut.

Kecaman terhadap penistaan itu terjadi di berbagai negara Islam, termasuk Palestina, terutama setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron, bersikukuh membela penerbitan karikatur oleh majalah satir Charlie Hebdo dengan dalih kebebasan berpendapat dan berekspresi.

Dalam spanduk yang dibawa oleh pengunjuk rasa di depan Gereja Kelahiran tertulis kalimat: “Betlehem mengutuk penistaan terhadap Nabi Muhammad dan agama Islam di Prancis”.

Sebelumnya, Uskup Agung Atallah Hanna dalam sebuah postingan di halaman Facebook resminya menegaskan, “Atas dasar nilai-nilai Kristen kami dan afiliasi Kristen kami dengan gereja paling kuno di dunia ini mengungkapkan kecaman, ketidaksetujuan dan penolakan kami atas serangan apapun yang mengsik simbol-simbol keagamaan di semua agama.”

Dia menambahkan, “Menghina saudara Muslim kita  adalah sesuatu yang kita tolak dan kutuk sepenuhnya.” (mm/rta/alalam)

Baca juga:

Cendekiawan Muslim Gaza Protes Sikap Anti-Islam dari Presiden Prancis

Presiden Cechnya: Macron, Berhentilah Sebelum Terlambat!

DISKUSI: