[Video:] Serangan Teroris Wahhabi Takfiri Tewaskan Belasan Peziarah di Iran

0
376

Teheran, LiputanIslam.com   Belasan orang terbunuh dan beberapa lainnya terluka setelah seorang teroris bersenjata senapan menyerang sebuah makam yang disucikan di provinsi Fars, barat daya Iran, Rabu (26/10).

Wakil direktur bidang politik, keamanan, dan sosial di kantor gubernur provinsi Fars, Esmail Mohebbi-Pour, mencatat jumlah korban tewas mencapai 15 orang.

Menurut media pemerintah, setidaknya 40 lainnya terluka dalam serangan terhadap makam Shah Cheragh di Shiraz,  situs ziarah yang berasal dari abad ke-12 milik Sayid Ahmad bin Musa Al-Kadhim.

Mengenai rincian tentang serangan yang terjadi sekitar pukul 17:45 waktu setempat  itu komandan polisi provinsi Fars mengatakan penyerang tunggal melepaskan tembakan membabi buta ke peziarah dan kemudian terluka dan ditangkap oleh petugas keamanan.

Kantor Berita Nour News, yang berafiliasi dengan badan keamanan utama Iran, mengatakan bahwa pelaku adalah warga negara asing.

Kantor berita resmi Iran IRNA melaporkan bahwa korban meninggal antara lain dua anak dan seorang wanita.

Seorang saksi mata mengatakan kepada wartawan bahwa teriakan keras terdengar di ruang khusus wanita pada saat adzan dan tiba-tiba terlihat seorang pria bersenjata dengan senapan Kalashnikov melepaskan tembakan secara membabi buta.

Gubernur provinsi Fars mengatakan bahwa teroris pertama-tama menyerang  pelayan dan penjaga makam, dan bermaksud menyerang salat berjamaah, namun salah seorang pelayan menutup pintu untuknya.

Sebuah rekaman video beredar di media Iran dan memperlihatkan detik-detik masuknya penyerang sebelum kemudian melepaskan tembakan.

Sumber keamanan mengatakan kepada kantor berita Tasnim bahwa pelaku serangan adalah elemen takfiri Wahhabi.

Reuters melaporkan bahwa kelompok teroris ISIS melalui akunnya di kanal Telegram mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut, sementara aparat keamanan Iran masih melakukan penyelidikan.

Presiden Iran Sayid Ebrahim Raeisi menegaskan negaranya akan memberikan tanggapan yang menjerakan dan menghancurkan terhadap pihak-pihak yang berada di balik serangan teror mematikan tersebut.

“Karena gagal, musuh-musuh Iran membalas melalui kekerasan dan terorisme, dan mengupakan perpecahan pada barisan rakyat Iran dan kemajuan mereka,” katanya.

Dia bersumpah,”Aksi teror ini tak akan berlalu tanpa tanggapan, dan pasukan keamanan internal akan memberikan pukulan telak terhadap para teroris.” (mm/alalam/presstv)

Baca juga:

Serangan Teror Tewaskan Dua Anggota Pasukan Iran di Zahedan

Iran Bantah Klaim Keberadaan Orang Iran di Krimea untuk Bantu Rusia Gunakan Drone

DISKUSI: