[Video:] Ngeri, 1,100 Jiwa Melayang di Spanyol dan Portugal Akibat Gelombang Panas

0
277

Madrid, LiputanIslam.com   Lebih dari 1.100 orang telah meninggal di Spanyol dan Portugal karena berbagai faktor yang terkait dengan panas selama seminggu terakhir ketika gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya bergerak melalui Eropa.

Gelombang panas itu dapat  berlangsung hingga beberapa minggu dan telah disertai dengan kebakaran hutan di Prancis, Spanyol dan Portugal, serta memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka.

Gelombang panas yang parah menjadi perhatian khusus di Eropa karena sering kali terbukti sangat mematikan karena persediaan AC di sana tak sebanyak di  AS.

Jumlah kematian secara lengkap kemungkinan tidak akan tersedia selama berminggu-minggu atau lebih karena adanya kesulitan dalam penghitungan jumlah kematian dalam peristiwa panas.

Menurut Institut Carlos III Spanyol, ada 510 kematian terkait panas di negara itu dari 10 Juli hingga 16 Juli.

Kementerian Kesehatan Portugal Sabtu malam lalu (16/7) mengumumkan bahwa ada 659 kematian terkait panas selama seminggu terakhir, terutama dari kalangan lansia, menurut Reuters.

Gelombang panas kini telah bergerak ke utara ke Prancis dan Inggris Raya, di mana suhu siap memecahkan rekor suhu tinggi nasional sepanjang masa, menciptakan kondisi yang mengancam jiwa ribuan orang. (mm/axios)

DISKUSI: