[Video:]Kebakaran Hutan Masif Melanda Turki, 4 Orang Tewas, PKK Dicurigai

0
1022

Ankara, LiputanIslam.com –  Sedikitnya empat orang tewas dalam peristiwa kebakaran hutan yang berkobar dan memasuki hari ketiga di dekat kawasan pantai wisata di Turki selatan, Jumat (30/7).

Menteri pertanian dan kehutanan Turki Bekir Pakdemirli menyatakan bahwa petugas pemadam kebakaran terus berusaha mengendalikan kobaran api yang melalap pepohonan di enam provinsi di Mediterania Turki dan wilayah Aegean selatan.

Pihak berwenang mengatakan sebagian besar kobaran api sudah dapat dikendalikan dan keadaan menjadi “membaik”.

Lebih dari 50 titik kebakaran hutan lainnya yang terjadi sejak Rabu di tengah angin kencang dan panas terik matahari telah berhasil dipadamkan.

Kebakaran terburuk melanda wilayah Manavgat dan Akseki di provinsi Antalya, di mana seorang pria berusia 82 tahun dan sepasang suami istri meninggal dunia, lebih dari 50 orang dirawat di rumah sakit dan penduduk di sedikitnya 25 desa atau distrik dievakuasi.

Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) pemerintah Turki mengatakan bahwa setidaknya 112 orang “terdampak” oleh kebakaran, termasuk 58 yang dirawat di rumah sakit, dan sebagian besar karena menghirup asap dan luka bakar.

Sementara itu, seorang sukarelawan berusia 25 tahun tewas dalam kebakaran lain di dekat resor Marmaris pada Kamis malam.

Dalam beberapa foto dan video terlihat api mendekati area perhotelan dan resor pantai di dekat kota Bodrum, di mana beberapa tamu dievakuasi dengan perahu.

Fahrettin Altun, direktur komunikasi kepresidenan Turki, mengatakan “penyelidikan komprehensif” mulai dilakukan untuk mengungkap penyebab kebakaran.

“Mereka yang bertanggung jawab harus mempertanggungjawabkan serangan terhadap alam dan hutan,” kata Altun di Twitter.

Belasungkawa Iran

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya korban dalam peristiwa kebakaran hutan di Turki

“Saya sangat terpengaruh oleh kebakaran hutan yang terjadi di beberapa bagian Turki. Kami berbagi rasa sakit dengan pemerintah dan rakyat Turki dan kami akan mendukung mereka,” ungkap Javad Zarif dalam pesan yang ditulis dalam bahasa Turki di Twitter, Jumat (30/7).

“Doa dan sumber daya kami akan melayani saudara dan saudari kami di Turki,” tambahnya, sembari berharap para korban luka dapat segera pulih.

PKK Dicurigai

Ketika orang-orang Turki bertanya-tanya apakah kebakaran simultan di beberapa kota Turki adalah serangan pembakaran, angkatan udara negara ini membom sekitar 40 sasaran kelompok pemberontak Partai Pekerja Kurdi (PKK) di Irak utara.

Tanda tanya itu juga tersirat dalam pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada wartawan, Jumat.

“Ini bukan sesuatu yang akan kami abaikan. Bagaimanapun, ini adalah kebakaran yang, meskipun terjadi di tempat yang berbeda, terjadi hampir pada waktu yang sama, dari Manavgat hingga Marmaris dan Bodrum,” kata Erdogan.

Lebih dari 71 kebakaran hutan yang berkobar di setidaknya 17 kota Turki dalam tiga hari antara 28-30 Juli, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah kebakaran itu disebabkan oleh aksi sabotase. (mm/euronews/trt/anadolu/alalam)

Baca juga:

Presiden Israel Inginkan Kerja Sama Lebih Erat dengan Turki

DISKUSI: