[Video] Iran Miliki Senjata Mengerikan Yang Tersembunyi di Dasar Samudera

0
193

Teheran, LiputanIslam.com –  Kepala Staf Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Hossein Khanzadi menyatakan Iran memiliki senjata semi berat yang tersembunyi di dasar laut dan pantang tercegat.

Dalam wawancara dengan televisi pemerintah Ahad (13/9/2020), dia menyebutkan untuk pertama kali kepada media tentang kelebihan kapal selam baru Fateh, yang disebutnya profesional “semi berat”, dapat bersembunti di dasar samudera, dan memiliki kemampuan taktis yang tinggi.

Khanzadi menjelaskan bahwa Fateh dapat turun hingga ke dasar laut dan bersembunyi di dasar samudera, suatu hal yang disebutnya “sangat sulit, pelik, dan berbahaya”, dan kapal selam itu mampu meluncurkan torpedo “Walfajr” yang jarak jangkaunya berlipat ganda sehingga dapat menerjang sasarannya dari jarak yang sangat jauh.

Mengenai senjata pintar yang digunakan oleh Fateh, dia mengatakan bahwa kapal selam ini menggunakan “ranjau pintar” dan dapat mengarahkannya dari jarak jauh ke sasaran yang diinginkan.

Menurutnya, Fateh menggunakan sistem sonar 380 derajat, dilengkapi peluncur rudal “Jask” dari bawah permukaan, yang “sama sekali tak mungkin tercegat oleh musuh”.

Khanzadi juga menyebutkan bahwa rudal jelajah laut baru Iran yang dinamai “Abu Mahdi” yang berjarak jangkau 1.000 km membuat pasukan Amerika Serikat di kawasan sekitar semakin cemas terhadap daya pertahanan Iran.

“Rudal itu, selain jaraknya yang jauh, juga bisa diprogram. Saya membayangkan bahwa ketika Anda memiliki rudal yang bergerak dari satu sisi ke target yang tidak diharapkan oleh musuh, itu sangat efektif, ”ujarnya.

Dia menambahkan bahwa rudal jelajah laut Abu Mahdi memberi Iran kemampuan khusus ini dan bertindak sebagai perpanjangan tangan Angkatan Laut.

“Jika hari ini pasukan AS berada 800 km dari kami, tentu mereka harus lebih takut karena rudal ini,” sumbarnya.

Angkatan Bersenjata Iran mengggelar latihan perang besar-besaran bersandi “Zolfiqar 99” di Selat Hormuz, Laut Oman, dan Samudera Hindia sejak Kamis lalu selama tiga hari.

Dalam latihan ini beberapa sistem tempur penting juga telah diuji, termasuk rudal jelajah permukaan-ke-permukaan, jelajah pantai-laut, torpedo, rudal udara-ke-permukaan , permukaan-ke-udara,  bawah permukaan ke permukaan, serta peluncur rudal dari kapal perang, kapal selam, unit penerbangan, dan drone.

Berikut ini link video terkait dengan latihan perang tersebut:

Unit-unit pasukan yang berpartisipasi dalam manuver militer itu melaksanakan rencana taktis ofensif dan defensif untuk melindungi perairan teritorial dan jalur transportasi laut di area seluas dua juta kilometer persegi, mulai dari Selat Hormuz dan Laut Oman hingga utara Samudra Hindia. (mm/raialyoum/fna)

Baca juga:

Pesawat Militer AS Dekati Area Latihan Perang Iran di Selat Hormuz

Kapal Selam Iran Sukses Tembakkan Rudal Bawah-Permukaan ke Permukaan

DISKUSI: