[Video:] Gempa Bumi Guncang Iran Selatan, Bagaimana Kondisi Fasilitas Nuklir Bushehr

0
975

BandarAbbas, LiputanIslam.com –  Gempa bumi berkekuatan 6,4 dan 6 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Hormuzgan yang beribu kotakan Bandar Abbas,  Iran selatan, Ahad (14/11).

Otoritas Iran menyatakan bahwa episentrum gempa terletak di kawasan Pulau Qishm di perairan Teluk Persia pada kedalaman 18 km di bawah tanah. Gempa ini juga menggetarkan provinsi Kerman dan Fars yang bersebelahan dengan Hormuzgan.

Media menyebutkan bahwa sejauh ini tercatat satu orang tewas akibat gempa ini, sementara beberapa rumah rusak, sejumlah permukaan jalan retak dan aliran listrik terputus di sebagian daerah.

Presiden Iran Sayid Hassan Rouhani mengeluarkan istruksi penanggulan segera dampak gempa bumi tersebut.

Pusat Seismologi Nasional Universitas Teheran mengumumkan bahwa gempa susulan 4 SR terjadi pada Ahad sore pukul 4:22:38 waktu setempat di sekitar kota Qal’eh Qazi, Provinsi Hormuzgan.

Sebuah penggalan video beredar terkait dengan bencana alam tersebut dan terlihat padanya beberapa truk yang diparkir di tepi jalan terguncang hebat oleh getaran gempa, sementara pengambil gambar berbicara dengan cemas tentang guncangan pada truk serta lereng gunung yang mengalami longsor.

Getaran gempa ini juga terasa di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi sehingga banyak orang berlarian ke luar rumah.

Sementara itu, Bidang  Humas Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Busher, Iran selatan, menyatakan bahwa gempa tersebut tidak menimbulkan dampak pada instalasi nuklir tersebut sehingga juga tidak mempengaruhi berbagai sektor operasionalnya.

Dalam sebuah pernyataan, bidang humas tersebut menjelaskan bahwa semua departemen, perlengkapan, fasilitas dan bangunan di Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Busher berada dalam kondisi utuh sehingga tetap beroperasi secara normal.

Pernyataan itu menekankan bahwa fasilitas nuklir Bushehr dirancang sesuai dengan spesifikasi dan standar internasional terbaru agar mampu menahan gempa jenis terparah untuk menjaga keselamatan kawasan. (mm/alalam)

Baca juga:

Iran Ingatkan Negosiasi Nuklir Jangan Dikaitkan dengan Urusan Pertahanan

Rusia Mengaku akan Serukan Pelaksanaan Perjanjian Nuklir Iran Sepenuhnya

DISKUSI: