Rusia Mengaku akan Serukan Pelaksanaan Perjanjian Nuklir Iran Sepenuhnya

0
252

Moskow, LiputanIslam.com –  Menlu Rusia Sergey Lavrov menyatakan bahwa dalam pertemuan mengenai perjanjian nuklir Iran pada 29 November mendatang pihaknya akan menyerukan pelaksanaan perjanjian nuklir Iran sepenuhnya dan pencabutan sanksi AS terhadap Iran.

Dia menyebutkan bahwa masalah pemulihan perjanjian nuklir Iran yang lazim disebut Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) telah dibahas oleh menlu Rusia dan menlu Prancis secara “2+2” di Paris, Jumat (12/11).

“Di sini ada prospek bagi kami untuk interaksi yang lebih konstruktif, mengingat bahwa negosiasi antara berbagai pihak JCPOA telah dijadwalkan untuk dilanjutkan pada 29 November guna menyelesaikan persoalan proyek nuklir Iran,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, “Kami akan menyerukan pelaksanaan kembali kesepakatan yang telah dicapai pada tahun 2015 dalam kerangka dokumen ini sepenuhnya, dan hal ini tentunya mencakup kembalinya AS kepada pelaksanaan komitmennya, termasuk pencabutan semua sanksi yang ia terapkan terkait dengan isu nuklir.”

Iran dan berbagai pihak lain yang terlibat dalam JCPOA (AS, Inggris, Prancis, Rusia, China dan Jerman) telah bersepakat untuk mengadakan putaran baru negosiasi pemulihan JCPOA di Wina pada 29 November, setelah sekian lama berlalu beberapa putaran negosiasi serupa. (mm/alalam)

Baca juga:

Tanggapi Gertakan Israel, Jenderal IRGC: Rezim Zionis Ditakdirkan Musnah

Pasukan Iran Lepaskan Tanker Vietnam yang Direbutnya dari Tangan Pasukan AS

DISKUSI: