[Video:] Diserang Roket dan Drone, Kedubes AS di Baghdad Kepulkan Asap

0
457

Baghdad, LiputanIslam.com –  Beberapa sumber Irak pada dini hari Kamis (8/7) melaporkan telah terjadi serangan di Zona Hijau Baghdad dekat komplek Kedubes AS.

Sabereen News (SN) dalam berita segeranya di aplikasi Telegram melaporkan, “Sirine berbunyi di Pangkalan III Al-Tawhid di Kedubes AS di Zona Hijau.”

Menurut SN, telah terjadi serangan sengit ke pangkalan tersebut sehingga sistem CRM diaktifkan untuk menangkalnya, namun kepulan asap terlihat dari dalam komplek Kedubes AS dan Pangkalan III al-Tawhid.

“Serangan ke Pangkalan III Al-Tawhid di Zona Hijauh itu dilakukan dengan menggunakan beberapa drone berbahan peledak,” lanjut SN.

Dalam berita susulannya, SN menyebutkan bahwa roket juga digunakan dalam serangan tersebut.

“Para saksi mata mengatakan bahwa roket Katyusha telah ditembakkan dari kawasan Al-Rasafah dekat lokasi Rumah Sakit Al-Kindi,” tulis SN.

Sembari merilis beberapa penggalan video penembakan, SN juga menyebutkan, “Pasukan pendudukan AS memutus aliran listrik di Zona Hijau dan kawasan Salihiyah.”

SN melaporkan bahwa sebagian peluru yang ditembakkan oleh sistem pertahanan udara AS jatuh di sebuah lokasi dan menyebabkan kerusakan pada sebuah mobil warga Irak.

Laporan lain mengutip pernyataan para pejabat AS bahwa tak kurang dari 14 roket telah menerjang Pangkalan Udara Ain Al-Assad yang ditempati oleh pasukan AS di Irak Barat hingga menyebabkan dua tentara AS terluka.

Tak ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, namun para pengamat menduga serangan itu merupakan bagian dari gelombang serangan yang belakangan ini dilancarkan oleh kelompok-kelompok relawan pejuang yang didukung Iran.

Beberapa waktu lalu kelompok-kelompok itu bersumpah untuk membalas serangan AS yang menewaskan empat relawan Al-Hashd Al-Shaabi di daerah perbatasan Irak-Suriah.

Para petinggi militer Irak menyatakan bahwa serangan roket dan drone ke pangkalan-pangkalan yang ditempati oleh pasukan AS mengalami intensitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. (mm/fna/raialyoum)

Baca juga:

Kepala Intelijen Iran ke Baghdad, Pangkalan Militer AS di Arbil Diserang

Pasukan Irak Ringkus Pentolan ISIS Penanggungjawab Pembantaian Massal

DISKUSI: