[Video] AFP Tanggapi Penampakan Rudal dalam Video Ledakan Beirut

0
280

(Photo by STR / AFP)

Beirut, LiputanIslam.com –  Belakangan ini beredar penggalan video penampakan kelebatan rudal yang jatuh ke titik pusat kebakaran di pelabuhan Beirut, ibu kota Libanan, sebelum terjadi ledakan besar.

Kantor berita Prancis, AFP, mengkonfirmasi bahwa video yang disebarkan di media sosial itu merupakan hasil editan dan hoax.

Menurut AFP, klip video palsu ini telah menyebar, sementara di media sosial Lebanon juga beredar kabar bahwa orang-orang di area sekitar pelabuhan Beirut mendengar suara jet tempur sesaat sebelum ledakan.

Selain itu, beredar pula berita hoax bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu.

AFP merilis laporan yang menyebutkan bahwa kelebatan rudal yang tampak dalam video itu merupakan hasil editan, yang jika dibandingkan dengan video aslinya yang beredar pada hari Selasa maka akan terlihat bahwa video itu sengaja diedit dan ditambah gambar rudal untuk memberikan informasi palsu, misalnya bahwa ledakan itu terjadi karena serangan rudal Israel.

Otoritas Libanon sendiri sejak awal menyatakan ledakan dahsyat itu disebabkan oleh zat amonoum nitrat sebanyak 2750 ton yang disimpan di dalam gudang pelabuhan Beirut tanpa sistem keamanan yang memadai.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, ledakan yang terjadi pada Selasa sore (4/8/2020) itu telah menewaskan sedikitnya 157 orang, melukai 5000 orang, dan menyebabkan sekira 300,000 orang kehilangan tempat tinggal. (mm/raialyoum/alarabiya)

Baca juga:

Satelit Rusia Rilis Foto Sebelum dan Sesudah Ledakan Beirut

Misteri Ledakan Dahsyat di Pelabuhan Beirut

Trump Tegaskan Lagi Dugaannya bahwa Ledakan Beirut adalah “Serangan”

DISKUSI: