[Video:] Iran Diterjang Heboh Dua Kabar Miring, Termasuk Ihwal Jenderal Soleimani, Ini Faktanya

0
375

Teheran, LiputanIslam.com  Beredar kabar bahwa seorang jenderal Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran ditangkap karena melakukan kegiatan mata-mata untuk kepentingan Israel, bersamaan dengan viralnya penggalan video martir besar Iran Jenderal Qasem Soleimani yang diisukan sebagai bocoran pertemuannya dengan para agen mata-mata Iran pada tahun 2018.

Kabar pertama yang disiarkan oleh sebuah surat kabar Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa Brigjen Ali Naseri dari IRGC telah ditahan atas dugaan melakukan kegiatan mata-mata untuk kepentingan dinas rahasia Israel, MOSSAD.

Ali Naseri lantas menepis keras kabar itu dan menyebutnya tak lebih dari hoax belaka.  Dia mengatakan bahwa sampai sekarang masih menjalankan tugasnya seperti biasa di IRGC tanpa terkendala apapun.

“Rumor bahwa saya ditangkap dengan tuduhan melakukan kegiatan mata-mata disebar oleh pihak-pihak kontra revolusi Islam dan IRGC. Apa yang dipublikasi oleh media AS bahwa saya ditangkap karena dugaan spionase untuk kepentingan MOSSAD hanyalah rumor belaka,” ujar Naseri, Jumat (1/7).

Dia menambahkan, “Saya mendapat kehormatan terhubung dengan IRGC, dan mendapat kehormatan menjadi prajurit Pemimpin Besar (Ayatullah Sayid Ali Khamenei).”

Bersamaan dengan kabar hoax itu, beredar pula video yang justru diisukan sebagai bocoran bukti bahwa Iran bermain mata dengan MOSSAD. Video itu memperlihatkan martir besar Iran Jenderal Qasem Soleimani ditemui oleh sejumlah orang di sebuah ruangan.

Penyebar video itu menyebutkan orang-orang itu adalah para agen MOSSAD. Namun demikian, AFP yang notabene kantor berita Barat, pihak yang cenderung memusuhi Iran, menepis rumor bahwa video itu adalah bocoran.

AFP melaporkan bahwa video itu adalah video biasa yang justru pernah disiarkan oleh berbagai lembaga pemberitaan Iran dan merupakan rekaman pertemuan Solemaini dengan produser Iran Nader Talibzadeh dan lain-lain.

Dalam video itu terlihat seorang pria bercambang putih menghampiri dan berjabat tangan dengan sejumlah orang yang duduk mengitari sebuah meja, termasuk Soleimani.

Salah satu netizen Arab yang tampak berasal dari kelompok anti pemerintah Suriah pemosting video itu di medsos memberi catatan; “Setelah Israel mengungkap rahasianya dengan Iran, inilah pertemuan Soleimani dengan para agen intelijen entitas Zionis. Video bocoran. Hidup Mu’awamah!” Mu’awamah plesetan dari ‘maqawamah’ yang berarti poros resistensi.

Video ini ditanggapi oleh ribuan netizen, terutama di Twitter. AFP lantas melaporkan bahwa banyak orang meragukan kebenaran anggapan bahwa video itu adalah bocoran, karena Soleimani terlihat berada di sebuah acara hajatan seseorang di mana beberapa orang lain juga duduk di meja-meja lain yang terpisah.  AFP menyebutkan bahwa itu bukan video bocoran karena juga sudah pernah disiarkan oleh berbagai lembaga pemberitaan Iran.

Penulis Iran Hameed Daud Abadi sebelumnya juga pernah menuliskan bahwa pertemuan itu terjadi pada acara resepsi pernikahan putri Ehsan Mohammad-Hasani, kepala Owj Arts and Media Organization.

Seperti diketahui, Qasem Soleimani adalah jenderal tersohor dan legendaris Iran yang terbunuh oleh serangan udara AS di Baghdad, ibu kota Irak, bersama wakil ketua pasukan relawan Irak Abu Mahdi Al-Muhandis, pada 3 Januari 2020. Pembunuhan ini lantas dibalas Iran dengan menghujankan beberapa rudalnya ke Pangkalan Udara Ain Al-Assad yang ditempati oleh pasukan AS di Irak. (mm/almayadeen/raialyoum)

Baca juga:

Teheran Bantah Tudingan Militernya Ancaman bagi Timteng

Panglima IRGC: Israel yang Dulu Berkhayal “Nil hingga Eufrat” Sekarang Terkurung Dinding Besar

DISKUSI: