Zarif: Kemartiran Soleimani Hanya Dirayakan oleh Trump, Pompeo, dan ISIS

0
116

Tehran,Liputan Islam.com—Menteri Luar Negeri Iran, M. Javad Zarif mengatakan ada pihak yang merayakan pembunuhan komandan anti-teror terkemuka Iran Letnan Jenderal Qassem Soleimani. Tiga pihak itu adalah Presiden AS Donald Trump, Sekretaris Negara nya Mike Pompeo dan kelompok teroris Daesh.

Dalam sebuah konferensi di ibukota India, New Delhi, Rabu (15/1), Zarif mengatakan orang-orang di seluruh dunia turun ke jalan untuk berduka cita atas kesyahidan Soleimani.

“Amerika Serikat (AS) tidak menyukai Jenderal Soleimani meskipun ia adalah sosok yang paling ampuh untuk menumpas kelompok teroris Daesh. Jika Anda tidak percaya, lihat saja, mereka sekarang sedang merayakannya. Siapa yang merayakan Kemartiran Soleimani? Bukan orang biasa. Saat 430 kota di India menangisi Kemartirannya, Trump, Pompeo, dan Daesh justru sedang merayakannya.” Ucap Zarif.

Trump memerintahkan serangan ke arah iring-iringan Jenderal Soleimani pada saat kedatangannya di Baghdad atas undangan pemerintah Irak. Serangan itu juga menewaskan Abu Mahdi al-Muhandis, komandan kedua dari Mobilisasi Populer Irak (PMU), serta delapan orang Iran dan Irak lainnya.

“AS menuduh Soleimani telah merencanakan serangan ke empat kedutaan besar AS. Sekarang kita tahu bahwa Presiden Trump telah mengesahkan pembunuhan itu tujuh bulan yang lalu dan tidak ada ancaman terhadap kedutaan besar AS, ”kata Zarif menambahkan.

Baca: Mantan Perwira CIA Sebut Para Pejabat AS Sebarkan Kebohongan tentang Jenderal Soleimani

Diplomat top Iran itu menekankan bahwa AS tidak pernah membawa perdamaian dan stabilitas ke kawasan, mengutip situasi yang kini terjadi di Afghanistan dan Irak.(fd/Presstv)

DISKUSI: