Zarif Desak Pemerintah AS Bebaskan Warga Iran Di Tengah Masifnya Penyebaran Covid-19

0
176

Sumber foto: presstv

Tehran,LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mendesak Amerika Serikat (AS) untuk membebaskan para ilmuwan Iran yang dipenjara, di tengah mewabahnya Covid-19 di penjara-penjara AS.

“AS telah menyandera sejumlah Ilmuwan Iran tanpa tuduhan dan tidak membebaskan mereka, bahkan di saat pengadilan menolak tuduhan tersebut,” ucap Zarif, lewat postingan Twitternya pada Jum’at (27/3) lalu.

Baca: Reuters: Penjara-penjara AS Jadi Sarang Penyebaran Covid-19

Saat ini, wabah Covid-19 telah mengintai para tahanan di penjara-penjara AS. Menurut pantauan Reuters, sebanyak 104 orang staf penjara dan 146 tahanan di 20 penjara terbesar AS telah dinyatakan positif Covid-19.

“Bebaskan orang-orang kami,” tegas Zarif sambil menyebut para ilmuwan itu bisa saja meninggal akibat wabah Covid-19 bersama dengan para tahanan lainnya.

Harian Guardian telah menerbitkan wawancara dengan seorang profesor teknik material Iran, Sirous Asghari pada Jum’at lalu, ihwal kondisi penjara yang sangat memperihatinkan.

Profesor itu mengaku para tahanan hampir tidak bisa menghindari penyebaran Covid-19 di dalam penjara yang kotor, penuh, dan sesak. (fd/Presstv)

DISKUSI: