Zakharova: Sekjen PBB Hanya Bungkam terhadap Pelanggaran AS

0
104

Moskow,LiputanIslam.com-Kemenlu Rusia melayangkan kritik kepada sekjen PBB, lantaran hanya berdiam diri terhadap tindakan sepihak AS. Beberapa waktu lalu, kemenlu AS tidak memberikan visa kepada pejabat Rusia untuk menghadiri pertemuan PBB di New York.

Dilansir oleh Reuters, Rabu (25/12), Maria Zakharova (jubir kemenlu Rusia) menyatakan, sejumlah pejabat kemenhan Rusia yang akan pergi ke markas PBB, mesti menunggu berbulan-bulan untuk menerima visa masuk AS.

Menurut Moskow, Washington secara sengaja menunda-nunda visa untuk pejabat Rusia; tindakan yang disebut Moskow bisa mencederai hubungan kedua negara.

“Patut dicamkan bahwa semua peristiwa tidak mengenakkan ini terjadi akibat ketidakpedulian Antonio Guterres (sekjen PBB). Dia hanya bungkam melihat pelanggaran piagam-piagam PBB yang dilakukan AS,”kata Zakharova.

Rusia pada September lalu memanggil seorang diplomat AS, sebagai bentuk protes atas tindakan AS yang tidak memberikan visa kepada delegasi Rusia guna menghadiri sidang umum PBB.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan Rusia-AS terus mengeruh lantaran sanksi-sanksi Washington atas Moskow. Sanksi-sanksi itu didasari klaim-klaim sepihak AS terkait sejumlah isu, seperti Ukraina dan Semenanjung Krimea, atau tuduhan keterlibatan Rusia dalam pilpres AS 2016. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Teheran Bantah Berita Bombastis Reuters Soal Jumlah Korban Jiwa dalam Demo Iran

Sanksi AS Makin Melemah, Iran Optimis Kondisi Perekonomian Berangsur Pulih

DISKUSI: