Turki Klaim Akan Libatkan AS dalam Konflik Libya

0
72

Sumber foto: Middle East Monitor

Tripoli,LiputanIslam.com—Kementerian luar negeri Turki mengungkapkan bahwa pemerintah Erdogan akan segera melangsungkan kerjasama dengan Amerika Serikat (AS) untuk mengatasi konflik di Libya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu saat dirinya menggelar acara seminar online bersama dengan Komite Pengarah Nasional Turki-Amerika yang berbasis di AS. Seperti dikutip dari laman Middle East Monitor, Cavusoglu menyebut Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menawarkan rekan Amerika-nya, Donald Trump, untuk bekerjasama dalam kasus Libya dan tawaran ini disambut positif oleh Trump.

“Kami telah menerima perintah untuk bekerjasama dengan rekan Amerika yang sangat penting untuk menegakkan stabilitas di kawasan dan untuk masa depan Libya.” Jelas Cavusoglu.

Baca juga:Turki Berencana Bangun Dua Basis Militer Permanen di Libya

Beberapa hari lalu, pimpinan kubu GNA di Libya, Fayez al-Sarraj, menyabut kedatangan Cavusoglu bersama jajaran diplomat petinggi lainnya di ibukota Tripoli, Libya.

November lalu, Turki dan GNA telah menandatangani perjanjian kerjasama militer. Berdasarkan atas perjanjian itu, Turki telah mengirim para penasehat lengkap dengan peralatan militernya untuk membantu pasukan GNA memerangi pasukan LNA yang dipimpin oleh Khalifa Haftar. (fd/Memo)

DISKUSI: