Trump akan Minta Ganti Rugi Minyak AS pada Arab Saudi

0
241

Presiden AS, Donald Trump (kiri) dengan Raja Salman bin Abdul Aziz.

Washington,LiputanIslam.com—Oilprice.com melaporkan pada Kamis (30/4) bahwa Presiden AS, Donald Trump, sedang mempertimbangkan sejumlah opsi yang memungkinkan untuk membuat Arab Saudi membayar semua kerugian yang dialami produsen minyak AS.

Simon Watkins, seorang penulis dalam website itu menyebut banyak para pejabat senior yang dekat dengan Trump menganjurkan agar Arab Saudi mengganti semua kerugian yang dialami perusahaan-perusahaan AS, meski hubungan kedua negara terbilang cukup dekat.

Hubungan antara Saudi dan AS mulai terjadi pada 1945, antara presiden Franklin D Roosevelt dengan Raja Abdulaziz.

Menurut keterangan Watkins, pada tahun itu kedua negara menyepakati perjanjian yang berisi: “ AS akan menerima semua suplai minyak yang dibutuhkan dari Arab Saudi selama negara itu masih memiliki cadangan minyak. Sebaliknya, AS akan menjamin keamanan penguasa Arab Saudi.

Baca lagi:

[Editorial] Iran – AS, Perseteruan di Tengah Krisis Harga Minyak

Namun, lanjut Watkins, kesepakatan itu mulai bermasalah sejak AS memiliki industri minyak sendiri. AS memaksa Arab Saudi untuk membiarkan industri minyak negara itu tetap tumbuh, di saat kerajaan Saudi berusaha untuk membuat industri minyak AS bangkrut.

Demi mengamankan para pekerja minyak AS yang jumlahnya mencapai ribuan itu, Presiden Trump akan memberlakukan pajak pada minyak impor Arab Saudi ke AS.

Selain itu, Watkins menilai, Presiden Trump bisa saja mencabut jaminan keamanan bagi keluarga Arab Saudi. Sebab, Trump sendiri pernah mengancam bahwa keluarga kerajaan Saudi tidak akan bertahan tanpa perlindungan dari AS, bahkan selama dua minggu saja. (fd/Memo)

 

 

 

 

DISKUSI: