Trump Abaikan OPEC, Ancam Kenakan Tarif Impor Minyak ke AS

0
648

Washington,LiputanIslam.com—Harga minyak dunia anjlok akibat penyebaran Covid-19 dan gagalnya OPEC untuk mencapai kesepakatakan tentang pemotongan jumlah produksi minyak dengan Rusia beberapa waktu lalu.

Presiden AS, Donald Trump, mengatakan pada Sabtu (4/4) kemarin, bahwa dirinya akan mengenakan tarif impor minyak ke Amerika Serikat (AS) untuk melindungi industri minyak dalam negeri.

“Saya tidak peduli dengan OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak),” ujar Trump kepada para wartawan di Gedung Putih. “Jika harus, saya akan menaikkan tarif untuk semua minyak impor yang masuk ke negara ini, saya akan melakukannya. Saya akan melakukan apapun untuk melindungi industri minyak AS,” tambah Trump.

Trump menilai tindakan yang ditempuh OPEC sebagai ilegal dan akan menghancurkan dirinya sendiri.

“Saya telah menentang OPEC seumur hidup, mengapa? Karena itu ilegal. Anda bisa menyebutnya (OPEC) sebagai kartel atau monopoli. Saya tidak peduli dengan OPEC, mereka telah menghancurkan diri mereka sendiri,” ucapnya.

Baca juga: AS-Rusia Gelar Negosiasi untuk Stabilkan Harga Minyak

Trump sangat yakin dengan bisnis energi AS. Baginya, produsen energi AS adalah nomor satu di dunia. Trump mengaku dirinya harus melindungi ribuan atau puluhan ribu pekerja energi di berbagai perusahaan AS.

Para anggota OPEC dijadwalkan akan bertemu dalam seminggu mendatang untuk membahas pemotongan jumlah produksi yang sempat buntu beberapa waktu lalu. (fd/Sputnik)

DISKUSI: