AS-Rusia Gelar Negosiasi untuk Stabilkan Harga Minyak

0
431

Sumber foto: CNN

Washington,LiputanIslam.com—Harga minyak mentah dunia mulai lesu usai merebaknya virus Covid-19.

Keadaan semakin buruk ketika Saudi sebagai pemimpin OPEC (organisasi negara-negara pengekspor minyak) bertikai dengan Rusia soal penurunan jumlah produksi minyak untuk menstabilisasi harga minyak di pasaran.

Pertikaian ini membuat Arab Saudi menurunkan harga minyak secara drastis dan mulai memproduksi minyak secara besar-besaran.

Baca: Saudi Abaikan Tekanan Trump untuk Hentikan Perang Harga Minyak

Menurut laporan Reuters, pada Senin (30/3) kemarin, Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, sepakat melakukan negosiasi lewat telepon untuk membahas masalah stabilitas pasar minyak.

“Presiden Trump telah menelepon Presiden Putin untuk membahas persoalan minyak. Kemungkinan pembicaraan ini mengarah pada perundingan yang mungkin dilakukan antara Rusia dan Arab Saudi,” ucap Stephen Innes, ahli strategi pasar di AxiTrader.

“Tanda-tanda pulihnya hubungan Saudi dan Rusia akan bagus untuk perkembangan harga minyak, namun keadaan masih terus berkembang, paling tidak harga minyak sudah lebih membaik dari sebelumnya,” tambahnya.

Reuters menyebut, sejumlah kilang minyak global telah mulai mengurangi jumlah produksi. Kilang minyak Eropa dilaporkan telah memangkas produksi hingga sedikitnya 1.3 juta barel perhari. (fd/RT)

DISKUSI: