Wow, Begini Kekuatan “Pasukan Arab” Seandainya Bersatu

0
210

Kairo, LiputanIslam.com –   Para pegiat media sosial di Mesir ramai membicarakan ide persatuan Arab di tengah situasi genting yang melanda dunia Arab dewasa ini di Mesir, Palestina, Suriah, Irak dan Libya.

Beberapa di antara pegiat itu menyoal bagaimana kekuatan pasukan Arab seandainya bersatu manakala Mesir merupakan negara terkuat di kawasan dan berada di ranking ke-13 di dunia, sementara beberapa negara Arab semisal Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab dan Qatar memiliki kekayaan ekonomi yang sangat besar.

Para aktivis itu lantas membuat skenario imajiner ide persatuan Arab dengan angka. Bersamaan dengan ini, lembaga pemberitaan RT milik Rusia juga membuat perkiraan angka untuk kekuatan militer Arab sesuai catatan situs Global Fire Power.

Disebutkan bahwa seandainya Arab memutuskan untuk membangun pasukan bersama dengan nama “Pasukan Arab” maka pasukan ini akan terdiri dari sekira  4 juta personil, 9,000 jet tempur, 4,000 helikopter, 19,000 tank, 51,000 kendaraan lapis baja, 2600 peluncur roket, 16 kapal selam, dan 900 kapal perang.

Beberapa pegiat sosial menyebutkan kekuatan ekonomi pasukan Arab bisa mencapai $ 5,99 trilyun per tahun, sesuai GNP, sedangkan total luas kawasan Arab mencapai 13.5 kilometer persegi sehingga menempati urutan kedua setelah Federasi Rusia, dan total populasi 385 juta jiwa.

Ide tersebut mencuat di tengah memanasnya situasi Timur Tengah akibat pertempuran sengit antara para pejuang Palestina di Gaza dan Rezim Zionis Israel.(mm/rt)

Baca juga:

Kelompok Pejuang Irak akan Kirim Ahlinya ke Jalur Gaza

Enam Roket Melesat dari Libanon, Ini Tanggapan Tentara Israel

DISKUSI: