Wabah Covid-19, Iran akan Buka lagi Situs-Situs Keagamaan di Zona “Putih”

0
550

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan Iran akan dibagi menjadi tiga zona risiko berdasarkan jumlah infeksi virus corona (Covid-19) dan kematian akibat wabah ini.

Dalam pertemuan di Markas Besar Nasional untuk Pengelolaan dan Pemberantasan Virus  Corona di Tehera, Ahad (26/4/2020) juga menyebutkan bahwa situs-situs keagamaan dapat dibuka kembali di daerah-daerah yang ditetapkan sebagai zona “putih”, dan sejauh ini Kementerian Kesehatan masih akan menyusun peta zona risiko “putih,” “kuning” dan “merah”.

Di wilayah putih, situs-situs keagamaan seperti masjid dan tempat-tempat suci  akan diizinkan untuk dibuka kembali, termasuk untuk mengadakan sholat Jumat namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan pencegahan wabah Covid-19.

Baca: Kematian Akibat Wabah Corona di Iran Turun 70%

“Besok, jika kita diberitahu bahwa kota Mashhad adalah putih, yaitu jika Departemen Kesehatan berkesimpulan bahwa itu akan menjadi putih selama dua minggu, maka tempat suci Imam Reza (as) akan dibuka kembali berdasarkan protokol kementerian menyatakan, “tuturnya.

Baca: [VIDEO] Kondisi Iran Setelah Pencabutan Lockdown

Dia menambahkan, “Ini adalah langkah pertama pembukaan situs-situs keagamaan yang sangat menarik bagi masyarakat, dan Insya Allah, kami berharap bahwa zona putih akan berkembang dari hari ke hari dan kita akan mengalami kondisi yang lebih baik sementara orang-orang mengindahkan (protokolnya).” (mm/presstv/alalam)

DISKUSI: