[Video]: Pasukan AS Boyong Teroris ISIS dari Hasakah ke Ladang Minyak Deir Ezzor, Suriah

0
356

Hasakah, LiputanIslam.com –   Situs berita Al-Alam yang berbasis di Iran, Selasa (13/4), memuat sebuah penggalan video yang disebutnya “memperlihatkan tindakan pasukan AS memindah para teroris ISIS dari penjara-pejara yang dikuasai milisi Kurdi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di provinsi Hasakah ke Ladang Minya Al-Omar di provinsi Deir Ezzor, Suriah timur.

Sebelumnya, kantor berita Suriah, SANA, mengutip keterangan sumber-sumber lokal bahwa “dua helikopter khusus pengangkut personil milik pasuan pendudukan AS yang dibarengi sebuah helikopter Apache, telah memindah 60 teroris ISIS ke Ladang Minyak al-Omar dari penjara-penjara di kota Hasakah, dengan koordinasi milisi SDF.”

Menurut SANA, sumber-sumber itu menjelaskan bahwa para teroris itu dipindah setelah mereka dilatih oleh pasukan AS untuk bergabung dengan apa yang disebut “Pasukan Adat” (Jaish al-Asya’ir), yang berada di bawah pengawasan pasukan pendudukan AS dan dipimpin oleh teroris bernama Ahmad al-Khubail alias Abu Khulah.

Sementara itu, beberapa hari lalu sekelompok besar suku Arab di provinsi Hasakah telah bergabung dengan barisan Pasukan Pertahanan Nasional (NDF) yang disponsori pemerintah Suriah dan merupakan salah satu pasukan paramiliter terpenting di timur Efrat.

Menurut Sputnik, upacara pelantikan sekitar 400 tentara baru diadakan pada tanggal 8 April di hadapan banyak personel militer dan suku Arab di Hasakah. (mm/alalam/amn)

Baca juga:

Ini Jawaban Menlu Mesir Soal Kembalinya Suriah ke Liga Arab

Brigade Sayyid al-Syuhada: Kecil Kemungkinan AS Tarik Pasukan dari Irak Secara Sukarela

DISKUSI: