Video: Jutaan Orang Hari ini Ikuti Prosesi Pemakaman Jenderal Soleimani di Kota Kerman

0
265

Suasana prosesi pemakaman Jenderal Soleimani di kota Kerman, Iran, Selasa 7 Januari 2020.

Teheran, LiputanIslam.com –  Sejak beberapa hari lalu hingga hari ini, kota demi kota di Iran dibanjiri oleh jutaan orang yang berkabung atas kematian komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Jenderal Qassem Soleimani. Hari ini, Selasa (7/1/2020), jutaan warga Iran mengikuti prosesi pemakaman jenazah di kota Kerman dengan ekspresi dukacita yang mendalam dan bercampur amarah yang membara.

Jenazah jenderal tersohor di dunia itu disambut lautan pelayat dari Bandara Ayatullah Hasyemi Rafsanjani, Kerman, setelah mereka menantinya sejak beberapa jam sebelumnya untuk diiringi dan dikebumikan pada hari ini di kota kelahirannya di bagian tenggara Iran tersebut.

Sebelumnya, jenazah sosok yang kini disandangi gelar “syahid” atau martir itu bersama jenazah-jenazah lain korban serangan udara AS pada Jumat lalu, termasuk pemimpin relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis, telah diarak lautan pelayat di kawasan Kadzimiyah, Baghdad, kemudian kota Karbala dan Najaf pada hari Sabtu lalu.

Para jenazah itu pada Ahad lalu lalu dipindah ke Iran melalui kota Ahwaz, provinsi Khuzestan, di barat daya Iran. Selanjutnya, para jenazah dibawa ke kota Masyhad, dan kemudian pada Senin kemarin disahalati dan diarak di Teheran, ibu kota Iran, lalu di kota Qum.

Shalat jenazah berlangsung di Universitas Teheran diimami oleh Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei dalam suasana dukacita dan penuh isak tangis.

Baca: Video: Ayatullah Ali Khamenei Menangis Saat Imami Shalat Jenazah Jenderal Soleimani

Di semua kota Iran itu, prosesi penghormatan untuk para jenazah dibanjiri oleh jutaan pelayat yang tenggelam dalam histeria dukacita. Beberapa media bahkan menyebutkan bahwa prosesi yang berlangsung di Teheran mengingatkan orang pada peristiwa prosesi pemakaman pemimpin revolusi Islam Iran Imam Khomaini.

Baca: Reuters: Pengiringan Jenazah Soleimani Bangkitkan Memori Pengiringan Imam Khomeini

Dari kota Qum, jenazah Jenderal Soleimani dan Pour Jaafari dipindah ke Kerman, sementara jenazah Abu Mahdi al-Muhandis dibawa ke Abadan untuk diarak di wilayah perbatasan Salamcheh antara Iran dan Irak, dan lalu dibawa ke kota Basrah, Irak.

Seperti diketahui, jenderal legendaris Qassem Soleimani gugur bersama al-Muhandis dan beberapa orang lain anggota al-Hashd al-Shaabi dan  IRGC terbunuh oleh serangan udara AS di dekat Bandara Internasional Baghdad pada dini hari Jumat pekan lalu (3/1/2020). Iran dan para pejuang Irak bersumpah akan membalas AS atas aksi teror tersebut.

Baca: Jenderal Qaani: Kami akan Balas Darah Soleimani dan Lanjutkan Jalannya

(mm/alalam)

DISKUSI: