Uni Eropa Kecam Penghancuran Rumah-Rumah Orang Palestina oleh Israel

0
57

Brussel, LiputanIslam.com –  Uni Eropa (UE) mengutuk pembongkaran besar-besaran perumahan dan infrastruktur Palestina oleh pasukan pendudukan Zionis Israel, dan menyerukan penghentian proyek pembongkaran tersebut.

Juru bicara  Menteri Luar Negeri UE Josep Borrell dalam sebuah pernyataan, Kamis (5/11/2020), menegaskan bahwa warga Eropa memrotes pembongkaran lebih dari 70 rumah dan fasilitas kesehatan milik 11 keluarga Palestina, termasuk 41 anak kecil, di desa Khirbet Hamsa al-Fawqa (Hamsa al-Buqi’a) di Lembah Yordania utara.

Beberapa buldoser Israel pada Selasa malam lalu menghancurkan seluruh desa kecil Badui Humsa al-Buqi’a, termasuk tenda, kandang ternak dan panel surya di dekat kota Tubas, di bagian timur laut Tepi Barat, sehingga  meninggalkan puluhan tunawisma, menurut fotografer AFP.

“Pembongkaran besar-besaran ini sekali lagi menegaskan tren penyitaan dan pembongkaran yang tidak menguntungkan sejak awal tahun,” ungkap Borrell.

Dia menekankan bahwa ini “merupakan tambahan ancaman untuk penghancuran sekolah Palestina di komunitas Ras El-Teen di pusat Tepi Barat, yang didanai oleh UE dan negara anggota UE.”

Borell mencatat sebanyak 52 sekolah Palestina terancam pembongkaran, dan  memperingatkan bahwa “belajar adalah hak asasi manusia yang harus dilindungi dan dipertahankan”.

Dia mengakhir pernyataan itu dengan menegaskan, “Perkembangan seperti itu merupakan hambatan bagi solusi dua negara, dan UE menyerukan sekali lagi kepada Israel untuk mengakhiri semua penghancuran ini, termasuk (penghancuran) fasilitas yang didanai oleh UE, terutama mengingat dampak kemanusiaan dari pandemi virus Corona yang muncul dan menyebar saat ini.”

Lembah Jordan adalah tanah perbatasan strategis yang terbentang dari Laut Galilea hingga Laut Mati, dan terletak terutama di daerah yang diklasifikasikan “C” di Tepi Barat sehingga sepenuhnya di bawah kendali pendudukan Israel, yang belakangan berencana untuk mencaploknya. (mm/rta/rn)

Baca juga:

Tentara Israel Gusur Belasan Rumah Warga Palestina di Tepi Barat

Media Israel: Petinggi Militer Yordania Dilarikan ke Rumah Sakit Israel karena Positif Covid-19

DISKUSI: