Ungkap 9 Capaian Baru, Presiden Raisi: Kemajuan Iran di Bidang Nuklir Tak Terelakkan

0
144

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Seyid Ebrahim Raisi menegaskanya negaranya berhak menggunakan teknologi nuklir damai, dan bahwa kemajuan Iran di bidang ini tak terelakkan lagi.

Teknologi nuklir Iran “tidak dapat diubah” dan penelitian di lapangan tak akan terikat dengan desakan pihak lain, kata Raisi dalam kata sambutannya pada upacara pengungkapan sembilan capaian nuklir pada Hari Teknologi Nuklir Nasional, Sabtu (9/4).

“Mengandalkan pemuda dan ilmuwan Iran adalah teladan yang selalu berhasil dan harus pula digunakan di bidang lain,” imbuhnya.

Sembari menekankan hak Iran menggunakan energi nuklir bertujuan damai, Sayid Raisi menyebut sains dan teknologi Iran di bidang nuklir tidak dapat diubah.

Dia memastikan negaranya bangga dengan pesatnya kemajuan para ilmuwan muda Iran di bidang teknologi nuklir, menyebut perkembangan ini sebagai simbol kepercayaan diri dan keberpijakan pada kekuatan internal, dan menyerukan agar semangat ini juga menyebar ke berbagai industri dan sektor strategis lain di Iran.

Raisi menyatakan Iran akan melanjutkan penelitian di bidang nuklir damai tanpa mengindahkan  komentar miring dan desakan pihak lain.

“Mujur, kerja penelitian para ilmuwan dalam pemanfaatan energi nuklir bertujuan damai dipercepat dengan baik, dan pemerintah akan mendukung proses ini,” ungkapnya.

Presiden Raisi mengunjungi pameran Organisasi Energi Atom Nasional (AEOI) untuk melihat capaian-capaian baru para ilmuwan Iran dalam aktivitas nuklir damai.

Dalam pameran ini diungkap antara lain tiga prestasi di bidang radiofarmasi, dua prestasi di bidang plasma dan empat prestasi di bidang laser, sistem kontrol dan fotografi.

Dalam kunjungan itu juga hadir Kepala AEOI Mohammad Eslami dan Wakil Presiden Bidang Iptek Sorena Sattari. Keduanya telah memaparkan capaian sains dan teknologi nuklir Iran kepada Presiden Raisi. (mm/fna)

Baca juga:

Dukung Serangan Palestina, Iran: Resistensi Satu-Satunya Jalan Melawan Terorisme Israel

Pemerintah Iran: Kaum Takfiri Ada di balik Serangan di Komplek Makam Suci di Masyhad

DISKUSI: