UEA Serang Pasukan Pro-Saudi di Yaman

0
117

Sanaa, LiputanIslam.com   Sumber militer Yaman melaporkan bahwa pasukan Uni Emirat Arab (UEA) menyerang sebuah pangkalan militer milik pasukan loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung Saudi.

Media online Al-Khaleej, Selasa (15/12), melaporkan pasukan UEA menargetkan pangkalan militer loyalis Hadi di Provinsi Shabwah di bagian tenggara Yaman.

Sumber Yaman menjelaskan bahwa pasukan UEA yang ditempatkan di sekitar fasilitas gas Belhaf di Shabwah menembakkan mortir ke pangkalan militer loyalis Hadi.

Sebelumnya, Mukhtar al-Rahbi, penasihat presiden Yaman yang mengundurkan diri pemerintahan Mansour Hadi, mengatakan bahwa pendudukan UEA di Yaman harus dihentikan, dan bahwa gubernur Shabwah telah berulang kali menekankan keharusan pasukan UEA menarik diri dari fasilitas gas Belhaf.

Pasukan loyalis Hadi dan pesaingnya yang didukung UEA tergabung dalam pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi gerakan Ansarullah yang menguasai Sanaa, ibu kota Yaman. Namun keduanya terlibat persaingan hebat sehingga sering terjadi konfrontasi sengit antara keduanya.

Sejak tahun 2014 Yaman dilanda konflik antara Ansarullah dan pasukan loyalis Hadi. Konflik ini membesar setelah pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi militer membela Mansour Hadi sejak Maret 2015.

Sejak intervensi itulah korban jiwa dan luka dalam jumlah besar berjatuhan, jutaan orang mengungsi, dan lebih dari sepertiga penduduknya membutuhkan bantuan internasional. (mm/mehrnews)

Baca juga:

[Video]: Delegasi UEA Ikuti Upacara Penyalaan Lilin di Tembok Ratapan Yahudi

Tanker Minyak Berbendera Saudi Meledak di Pelabuhan Jeddah, Akibat Serangan?

 

DISKUSI: