Turki Mengaku Ringkus Pemimpin Baru ISIS

0
115

Ankara, LiputanIslam.com  Para pejabat Turki menyatakan aparat keamanan negara ini telah meringkus pemimpin baru kelompok teroris ISIS/ISIL/IS/DAESH.

Bloomberg News dalam laporan segeranya, Kamis (26/5), memberitakan pernyataan para pejabat senior Turki bahwa pemimpin baru ISIS telah ditangkap di kota Istanbul, Turki, dalam sebuah operasi kontra-terorisme.

Para pejabat itu mengatakan bahwa polisi kontra-terorisme dan para petugas intelijen Turki telah mencokok seorang pria yang diyakini sebagai pengganti pemimpin ISIS sebelumnya yang tewas diserang pasukan AS di Suriah pada Februari tahun lalu.

Situs berita Turki OdaTV menyebut pria yang ditangkap itu sebagai Abu al-Hassan al-Qurayshi tanpa menjelaskan bagaimana mereka memperoleh informasi tersebut. Laporan sebelumnya telah memberikan nama yang sama untuk pemimpin baru ISIS.

Bloomberg News tak dapat secara independen memverifikasi identitas pria yang ditahan oleh otoritas Turki tersebut.

Kata para pejabat itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan telah diberitahu ihwal penangkapan tersebut. Menurut OdaTV, Erdogan diperkirakan akan mengumumkan penangkapan dalam beberapa hari mendatang.

Para pejabat mengatakan bahwa pria itu ditangkap setelah sekian lama polisi memantau sebuah rumah yang dia tinggali. OdaTV menyebutkan polisi tidak melepaskan tembakan dalam penggerebekan terhadapnya.

Pada 10 Maret lalu ISIS dalam sebuah pernyataan resminya mengkonfirmasi keterbunuhan pemimpin ISIS Abu Ibrahim Al-Qurayshi sekaligus mengumumkan Abu al-Hassan al-Qurayshi sebagai penggantinya. (mm/fna/alarabiya)

Baca juga:

[Video:] Inna Lillahi, Puluhan Orang Tewas Akibat Ledakan Bom di Afghanistan

Panglima IRGC:  Iran akan Membalas “Tumpahnya  Setiap Tetes Darah Syuhada”

 

DISKUSI: