Turki Bersumbar Sanggup Kalahkan “Aliansi Jahat” di Laut Mediterania

0
88

Ankara, LiputanIslam.com –  Kementerian Luar Negeri Turki bersumbar bahwa negara ini sanggup mengalahkan apa yang disebutnya “aliansi jahat” di Laut Mediterania.

“Mereka yang bertindak dengan rasa ‘saya adalah satu-satunya pemilik Mediterania’ akan kecewa,” bunyi  statemen yang dirilis kementarian itu, Senin (10/8/2020).

Kementerian itu melanjutkan, “Melalui perjanjian demarkasi perbatasan maritim yang disimpulkan bersama Mesir, Yunani telah menunjukkan bahwa mereka tidak tulus mengenai masalah dialog dengan kami.”

Kementerian Luar Negeri Turki kemudian bersumbar, “Ankara memiliki kemampuan dan kesanggupan untuk mengalahkan aliansi kejahatan yang dibentuk untuk melawannya di Mediterania.”

Pernyataan tajam Kementerian Luar Negeri Turki itu merupakan tanggapan pertama atas desakan Kementerian Luar Negeri Yunani agar Turki menghentikan kegiatannya di Mediterania timur.

Menurut Yunani, kegiatan itu ilegal dan provokatif serta mengusik perdamaian dan keamanan di kawasan tersebut.

“Yunani tidak akan menerima pemerasan. Kami akan mempertahankan hak kedaulatan kami,” ungkap Kementerian Luar Negeri Yunani.

Di hari yang sama Angkatan Laut Turki mengeluarkan pemberitahuan navigasi yang menyebutkan bahwa kapal Turki “Uruj Chief” akan melakukan survei seismik di Mediterania timur selama dua minggu ke depan.

Reuters melaporkan bahwa langkah ini dapat memperbarui ketegangan antara Turki dan Yunani, dua negara yang  berselisih mengenai tuntutan yang tumpang tindih ihwal sumber daya minyak dan gas di kawasan tersebut. (mm/amn)

Baca juga:

Mesir Kecam Kegiatan Kapal Turki di Laut Mediterania Timur

Turki Tuding UEA Berbuat Jahat di Libya, dan akan Minta Pertanggungjawaban

DISKUSI: