Pakar Irak Ungkap Ambisi AS Gusur Pasukan Relawan Hashd Shaabi

0
894

Baghdad, LiputanIslam.com –  Seorang pakar militer terkemuka Irak, Safa al-A’asam, memperingatkan bahwa Washington sedang menerapkan rencana di provinsi al-Anbar Barat untuk menggusur pasukan relawan Irak Hashd Shaabi dengan pasukan AS sendiri.

Safa al-A’asam kepada portal berita al-Ma’aloumeh, Ahad (26/4/2020), menyatakan bahwa sebuah rencana sedang dilaksanakan oleh AS bekerjasama dengan sejumlah elemen politik di Irak agar pasukan Hashd Shaabi menarik diri al-Qaim dan daerah-daerah lain di bagian barat provinsi Anbar untuk kemudian diganti dengan pasukan AS.

“Tuntutan untuk penarikan pasukan Hashd Shaabi dari al-Qaim dan Anbar barat bertujuan menciptakan kesenjangan keagamaan di antara pasukan Hashd Shaabi karena pasukan ini mencakup lebih dari 16 resimen Sunni yang ditempatkan di wilayah tersebut,” ungkap al-A’asam.

Dia juga memperingatkan, “Rencana politik saat ini mencanangkan pengerahan pasukan AS di al-Qa’em dan daerah-daerah yang berdekatan dengan dalih kesenjangan keamanan dan potensi serangan ISIS setelah penarikan Hashd al-Shaabi.”

Sumber-sumber keamanan di Irak pekan lalu menyebutkan bahwa jet tempur AS telah melakukan penerbangan reguler ke dua provinsi Babel dan Anbar untuk mengintai Hashd Shaabi.

Sumber anonim mengatakan kepada al-Ma’aloumeh bahwa pesawat-pesawat tempur AS telah melakukan operasi pengintaian atas markas Hashd Hashd Shaabi di wilayah Jarf al-Nasr di bagian selatan Faloujeh, provinsi Babel Utara, dan daerah lain di dekat provinsi al-Anbar serta wilayah al-Razazah menuju Karbala .

Baca: Diintai Pasukan AS, Para Pejuang Irak Bersiap Hadapi Serangan

Dia juga menyebutkan bahwa pasukan Hashd Shaabi telah menempuh langkah-langkah keamanan yang kuat di semua pangkalan mereka untuk mengantisipasi kemungkinan serangan mendadak AS. (mm/fna)

DISKUSI: