Tentara Yaman dan Ansarullah Rebut Kembali Beberapa Posisi Strategis

0
200

Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara Yaman yang didukung oleh para pejuang Lijan Shaabiya yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah (Houthi) telah merebut kembali sejumlah daerah strategis di provinsi al-Bayda dari tangan pasukan bayaran Saudi pendukung Mantan Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Biro media Pusat Komando Operasi Yaman dalam serangkaian postingan di halaman Twitter resminya, Jumat (15/5/2020), menyatakan bahwa tentara dan pejuang Yaman itu melancarkan serangan di daerah Souq al-Qaniyeh di pedesaan timur provinsi al-Bayda, dan meraih sukses setelah terlibat pertempuran sengit dengan pihak lawan selama beberapa jam.

Disebutkan bahwa tentara Yaman dan Lijan Shaabiya menemukan senapan serbu serta amunisi yang ditinggal oleh milisi pro-Hadi, serta menghancurkan sejumlah kendaraan dan membakar beberapa kubu pertahanan militer mereka.

Di pihak lain, jet tempur koalisi pimpinan Saudi melancarkan tiga serangan udara ke sebuah kantor bea cukai di distrik Harad, dan dua sasaran lain di sebuah daerah di distrik Mid, provinsi Hajjah, Jumat.

Baca: Aktivis Yaman: Iran Sudah Sampai ke Luar Angkasa, Tapi Saudi Belum Mampu Pijak Sanaa

Unit artileri Saudi juga menembaki daerah permukiman di perbatasan distrik Razih, provinsi Sa’ada.

Di distrik al-Hazm, provinsi al-Jawf, jet-jet tempur Saudi melancarkan empat serangan udara ke wilayah al-Khasaf, dan beberapa daerah di distrik Majzar dan Medghal, provinsi Ma’rib.

Belum ada laporan mengenai akibat semua serangan Saudi itu.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya melancarkan invasi militer ke Yaman sejak Maret 2015 sampai sekarang dengan dalih berusaha memulihkan pemerintahan Mansour Hadi dan menghancurkan gerakan Ansarullah. (presstv)

DISKUSI: