Tentara Suriah Terus Bergerak Maju, Ratusan Pasukan Lawannya Tewas dan Luka

0
417

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) masih terus bergerak maju ke arah barat kota Saraqib demi pembebasan desa-desa di jalur internasional M4 setelah berhasil menguasai kota itu. Demikian dilaporkan oleh reporter al-Alam, Selasa (3/3/2020).

Dalam proses itu, SAA dapat menguasai desa-desa Jubas, Dadayekh, dan Kfar Bittih meskipun banyak barikade yang telah dibuat oleh kawanan bersenjata yang didukung pasukan Turki.

SAA juga menggempur secara langsung sebuah pos pantau pasukan Turki dekat desa Nirab hingga menyebabkan beberapa tentara Turki terluka. SAA melanjutkan operasi militernya di poros kedua, yaitu kawasan Jabal Zawiyah menuju distrik Kfar Uweid setelah berhasil mematahkan serangan kawanan bersenjata di desa Hazarin, sehingga SAA kemudian bergerak menuju distrik strategis yang berada di jalur M4 dekat kota Jisr al-Shughur tersebut.

Menurut reporter al-Alam, sistem pertahanan udara yang belakangan ini dikerahkan SAA telah banyak mengurangi skala pergerakan pesawat nirawak Turki setelah sejumlah besar nirawak itu tertembak jatuh oleh SAA dan sekutunya.

Website al-Alam mengutip keterangan beberapa sumber bahwa sebanyak hampir 130 tentara Turki dan kawanan bersenjata tewas dalam kondisi masih tergeletak di medan-medan pertempuran dan tak dapat dievakuasi oleh rekan-rekan mereka, dan sebanyak hampir 30 kendaraan pengangkut personil dan tank Turki yang digunakan oleh kawanan bersenjata itu hancur. Sebuah rekeman video beredar dan memperlihatkan beberapa mayat tentara Turki tergeletak di tanah.

Sebuah sumber mengatakan kepada al-Alam bahwa spirit para pejuang Hizbullah dan kelompok-kelompok pejuang lain yang menyokong SAA kini sedang tinggi-tingginya, dan front mereka diperkuat oleh kedatangan balapasukan.

Sementara itu, beredar sebuah rekaman video yang memperlihatkan kepanikan dan aksi kabur massal pasukan Turki di depan gempuran SAA dan sekutunya di Provinsi Idlib.

Baca: Suriah Tegaskan Tekadnya Menghadang Agresi Turki

Observatorium Suriah untuk HAM, Selasa, menyebutkan empat tentara Turki tewas dan tujuh lainnya luka-luka terkena gempuran SAA terhadap posisi-posisi pasukan Turki di kawasan sekitar desa Tarnabah di barat kota Saraqib dan kawasan al-Mastumah.

Kantor berita Suriah, SANA, hari itu melaporkan bahwa SAA telah menembak jatuh dua nirawak Turki di sekitar kota Saraqib dan di timur distrik Khan al-Subul di bagian tenggara Provinsi Idlib.

Baca: Atwan: SAA Menang di Saraqib Setelah Pasukan Hizbullah Ikut Bertempur

Sementara itu, beredar pula video keberhasilan SAA menyelamatkan pilot AU Suriah yang pesawatnya ditembak jatuh oleh pasukan Turki di kawasan Kafr Nabl di barat laut kota Maarat al-Nouman, Provinsi Idlib.  Dilaporkanbahwa  pesawat yang tertembak itu merupakan pesawat latihan tempur jenis L-39 buatan Cekoslovakia. (mm/alalam/rt)

DISKUSI: