Tentara Suriah Mulai Gelar Operasi Ganyang Teroris di Kota Daraa

0
406

Daraa, LiputanIslam.com –  Tentara Arab Suriah (SAA) mulai menggelar operasi militer terhadap kawanan teroris bersenjata yang bersarang di kota Daraa, Suriah selatan, Kamis (29/7).

Dikutip Sputnik, satu narasumber di lapangan mengatakan, “SAA memulai operasi militer beberapa jam setelah terjadi pelanggaran kesepakatan antarpetinggi, yang dicapai oleh kelompok-kelompok senior, para wakil berbagai kelompok dan para sesepuh Daraa.”

Sumber ini menjelaskan bahwa sesuai kesepakatan itu kelompok-kelompok bersenjata harus meletakkan senjata mereka dan menjalani proses pemulihan status mereka sebagai warga sipil.

“Operasi ini bergerak dari tahap ke tahap  untuk memberikan kesempatan kembali kepada perundingan damai,” imbuhnya.

Sputnik juga mengutip keterangan sumber-sumber lokal bahwa pemerintah Suriah memperkuat kehadiran militernya antara lain dengan menempatkan sejumlah tank, perlengkapan lapis baja, artileri dan ratusan tentara.

Menurut Sputnik, kelompok-kelompok militan pada dini hari Kamis kemarin telah menembakkan beberapa roket ke arah para staf lembaga Palang Merah namun tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban.

Beberapa waktu lalu, tak lama setelah penyelenggaraan pemilu presiden Suriah terjadi sebuah ledakan di sebuat tempat pemungutan suara di kota Daraa.

Wakil Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah, Vadim Kolet, juga telah memperingatakan bahwa sesuai laporan-laporan yang didapatnya, jaringan-jaringan teroris di beberapa kawasan di Provinsi Daraa sedang menghimpun pasukan untuk melancarkan aksi-aksi perusakan dan sabotase. (mm/fna)

Baca juga:

Damaskus Apresiasi Peran Rusia dalam Kepulangan Pengungsi

Politico: 900 Tentara AS akan Tetap Dipertahankan di Suriah

DISKUSI: