Tentara Suriah Kuasai Penuh Kota Kota Kedua Terbesar di Provinsi Idlib

0
208

Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah, Rabu (29/1/2020), mengumumkan keberhasilannya merebut kota Maarat al-Nu’man setelah beberapa minggu menjalani pertempuran sengit melawan kawanan teroris dan militan oposisi.

Dilaporkan bahwa dengan menguasai kota kedua terbesar di Provinsi Idlib di barat laut Suriah itu, tentara Suriah semakin mendekati tujuannya menguasai jalur strategis internasional.

Provinsi Idlib dan kawasan yang berbatasan dengannya dihuni oleh tiga juta penduduk yang separuhnya adalah pengungsi. Sejak Desember 2019, provinsi ini dilanda eskalasi militer di mana tentara Suriah dan Rusia berkonsentrasi di kawasan selatan Provinsi Idlib dan bagian barat Provinsi Aleppo, yang dilintasi oleh sebagian jalur internasional yang menghubungkan Aleppo dengan Damaskus.

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah, tentara Suriah mengumumkan, “Pasukan pemberani kami telah berhasil menyingkirkan teroris di banyak desa dan kota dalam beberapa hari terakhir.”

Tentara Suriah menyebutkan jumlah sekitar 20 kota dan desa, termasuk Maarat al-Nu’man, yang telah berhasil mereka bebaskan dari pendudukan kawanan teroris, dan “masih akan mengejar organisasi teroris bersenjata yang tersisa sampai seluruh wilayah Suriah terbersihkan dari kekejian terorisme dengan segala namanya.”

Kelompok Hayat Tahrir Sham yang semula bernama Jabhat al-Nusra menguasai sebagian besar wilayah Provinsi Idlib yang juga dihuni oleh beberapa kelompok oposisi Suriah lain yang pengaruhnya tidak seberapa besar.

Baca: Tentara Suriah Dekati Mabes Jabhat al-Nusra di Idlib

Tentara Suriah memasuki Maarat al-Nu’man pada Selasa lalu setelah mengepungnya secara total dan setelah sebagian besar pasukan kelompok-kelompok militan bersenjata keluar dari sana. (mm/raialyoum)

DISKUSI: