Tentara Suriah Kembali Rebut Kota Saraqib, Puluhan Tentara Turki Tewas

0
659

Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) kembali menguasai penuh kota strategis Saraqib di Provinsi Idlib, setelah bertempur sengit melawan kelompok-kelompok bersenjata yang dibantu oleh tentara Turki, Senin (2/3/2020).

Beberapa sumber menyebutkan bahwa SAA menggempur konvoi militer Turki di dekat Qimnas, Provinsi Idlib, hingga menyebabkan puluhan tentara Turki tewas. SAA menyerang pasukan artileri Turki yang membantu kelompok teroris Jabhat al-Nusra dalam pertempuran di Saraqib.

Menurut sumber-sumber itu, serangan SAA juga menyasar pos pantau pasukan Turki sehingga menjadi pesan tegas bagi Ankara mengenai nasib pos-pos pantau Turki jika negara ini masih bersikeras melakukan intervensi militer di wilayah Suriah.

Tanpa menyebutkan jumlah korban, sumber-sumber lokal menyatakan bahwa mobil-mobil ambulan berdatangan ke pos pantau yang terserang untuk membawa para korban tewas dan luka pasukan Turki.

Baca: Turki Melunak, Akui Tak Ingin Konflik dengan Rusia di Suriah

Sebelumnya, Ankara secara resmi mengumumkan dimulainya operasi militer Turki bersandi “Spring Shield “ (Perisai Musim Semi) dengan tujuan memukul mundur SAA ke belakang pos-pos pantau Turki, yakni memaksa SAA keluar dari berbagai wilayah yang telah dikuasainya melalui pertempuran selama lebih dari satu bulan.

Baca: Suriah Kirim Perangkat Militer Modern ke Idlib

Kawanan bersenjata yang didukung pasukan artileri dan drone Turki melancarkan serangan di bagian selatan Provinsi Idlib dengan tujuan merebut distrik Kafr Nabl di mana pertempuran berlangsung di sekitarnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI: