Tentara Rusia Bangun Pangkalan Baru Dekat Pasukan AS di Suriah

0
56

Beirut, LiputanIslam.com –   Militer Rusia dilaporkan sedang membangun pangkalan baru di daerah segitiga perbatasan yang menghubungkan Turki, Suriah, dan Irak.

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) saat melaporkan hal itu, Jumat (29/5/2020), menyebutkan bahwa sekitar selusin kendaraan lapis baja Rusia tiba di kota perbatasan Al-Malikiyah, provinsi Hasakah, Suriah timur laut, dengan dikawal dua helikopter.

Menurut SOHR, pangkalan itu sedang disiapkan di desa Qasr Deeb di barat laut Al-Malikiyah, yang dekat dengan segitiga perbatasan tersebut.

Sehari sebelumnya, Al-Masdar melaporkan adanya konvoi militer Rusia menuju daerah segitiga perbatasan untuk pertama kalinya.

Sebuah sumber dari angkatan bersenjata Suriah menyebutkan bahwa militer Rusia sedang melakukan patroli di daerah itu, tapi tak menyinggung soal pangkalan baru di Hasakah.

Jika laporan SOHR itu benar maka pangkalan militer baru Rusia itu praktis berdekatan dengan militer AS di wilayah timur laut Suriah.

Baca: Satu Tentara Turki Tewas di Suriah

Militer AS dan Rusia terlibat dalam konflik kepentingan di Suriah yang membuat keduanya terjerumus pada kondisi yang menyerupai Perang Dingin. Di timur laut Suriah, masing-masing membangun pangkalan dan mengerahkan senjata berat ke provinsi Hasakah.

Baca: AS Kerahkan Sistem Payung Rudal Patriot di Suriah

(mm/amn)

DISKUSI:
SHARE THIS: