Teheran Sambut Baik Gagasan Irak untuk Mediasi Rekonsiliasi Iran-Mesir

0
152

Teheran, LiputanIslam.com   Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian menyatakan bahwa Irak mengusulkan pengadaan pembicaraan antara Teheran dan Kairo pada tingkat politik dan keamanan untuk memulihkan hubungan antara kedua negara.

Diplomat senior Iran itu menyatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Mizan yang berafiliasi dengan lembaga kehakiman Iran, Sabtu (24/12).

Menurutnya, usulan  itu dibuat oleh Perdana Menteri Irak Mohammed Shia’ al-Sudani, yang ditemuinya di sela-sela konferensi regional yang diadakan di ibu kota Yordania, Amman, pekan ini.

“Perdana Menteri Irak, selama pertemuan saya dengannya di sela-sela Konferensi Baghdad 2 di Yordania, menyatakan keinginannya untuk memulai pembicaraan Iran-Mesir di tingkat keamanan dan politik, yang akan mengarah pada penguatan hubungan antara Teheran dan Kairo , dan saya menyambut baik idenya ini,” ujarnya.

Amir-Abdollahian menyatakan pihaknya menyambut baik gagasan perdana menteri Irak itu, menambahkan bahwa tindakan akan diambil oleh al-Sudani dalam beberapa minggu mendatang untuk memfasilitasi pembicaraan tersebut.

“Kami akan terus mengikuti masalah ini sejalan dengan peran regional Irak untuk membantu mempromosikan dialog dan kerjasama,”  imbuhnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah mengumumkan kesiapannya untuk memperbaiki hubungan dengan Mesir dengan menyelesaikan perselisihan antara keduanya  dalam beberapa isu tertentu. (mm/rt)

Baca juga:

Ukraina Serukan Penghancuran Pabrik Drone dan Rudal Iran

Perkembangan Hubungan Militer Rusia-Iran Bikin AS dan Israel Ketar-Ketir

DISKUSI: