Menlu AS: Sebagian Besar Roket Gaza Buatan Lokal, Tapi Bukan Berarti Iran Tak Bersalah

0
398

Washington, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyatakan bahwa hasil evaluasi negara ini menunjukkan bahwa sebagian besar roket yang dilesatkan dari Jalur Gaza ke Israel dalam konfrontasi 10-21 Mei adalah buatan lokal.

Dalam rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat AS, Senin (7/6), Blinken mengatakan, “Evaluasi paling akurat yang ada pada kami menunjukkan bahwa sebagian besar roket dibuat secara lokal di Gaza oleh Hamas.”

Dia menambahkan bahwa hal itu bukan berarti Iran tak bersalah dalam mendukung Hamas, terutama di level retorika ketika konfrontasi itu sedang berlangsung.

Blinken menyatakan demikian saat menjawab pertanyaan anggota parlemen dari Partai Republik bahwa roket yang ditembakkan Hamas ke Israel adalah buatan Iran.

Mengenai jatuhnya banyak korban sipil di Gaza, dia mengaku prihatin, namun juga menegaskan bahwa Washington akan terus menentang penyelidikan Mahkamah Pidana Internasional atas dugaan kejahatan perang di tanah Palestina.

Dia mengatakan bahwa AS dan Israel memiliki instrumen untuk memastikan perhitungan terhadap segala keadaan yang menimbulkan kekhawatiran terkait dengan penggunaan kekuatan, HAM, dan berbagai urusan lain.

Seperti diketahui, pertempuran antara para pejuang Palestina di Gaza dan pasukan Zionis Israel selama 11 hari telah menggugurkan lebih dari 250 orang di Gaza dan 27 orang yang di Tepi Barat serta menewaskan 13 orang di Israel. (mm/rt)

Baca juga:

Hamas Publikasikan Foto Tawanan Israel, Ini Reaksi Emosional Tel Aviv

Iran Nyatakan akan Tiba Saatnya Hukuman bagi Para Penjahat Zionis

DISKUSI: