Teheran dan Taliban Bahas Upaya Kerjasama Iran-Afghanistan di Berbagai Bidang

0
336

Kabul, LiputanIslam.com –  Utusan Khusus Iran urusan Afghanistan Hasan Kazemi Qomi mengadakan pertemuan dengan Mulla Abdul Ghani Baradar, Wakil Pertama Perdana Menteri pemerintahan sementara Afghanistan di Kabul, ibu kota Afghanistan, Selasa (16/11), dan membahas berbagai isu bilateral dan kerjasama di berbagai bidang.

Wakil juru bicara pemerintahan yang dibentuk Taliban tersebut, An’amullah Samanghani, di Twitter menyebutkan, “Dalam pertemuan ini telah dibahas pengembangan hubungan antara kedua negara dan pembentukan komisi kolektif kerjasama di berbagai bidang.”

Kantor Mulla Abdul Ghani Baradar menyebut pandangan Baradar dalam pertemuan ini merupakan satu kesempatan penting bagi Afghanistan, dan Baradar juga telah mengapresiasi kesediaan Iran menerima dan menampung para pengungsi Afghanistan, serta menekankan perlunya pengadaan hubungan yang baik antara Kabul dan Teheran.

Dalam pertemuan tersebut kedua pihak juga membahas berbagai persoalan politik, pendidikan, ekonomi, keuangan, air, energi, kesejahteraan masyarakat, urusan pengungsi dan dimulainya kembali proyek-proyek yang sedang dibangun.

Utusan khusus Iran untuk urusan Afghanistan Hasan Kazemi Qomi mengatakan, “Iran dan Afghanistan memiliki hubungan yang mengakar, dan Republik Islam Iran tidak akan meninggalkan rakyat Afghanistan sendirian dalam kondisi apa pun.”

Sebelum pertemuan ini, Qomi juga telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri pemerintahan sementara Afghanistan Amir Khan Muttaqi.  Pada awal pertemuan ini Muttaqqi berbicara mengenai berbagai masalah yang dihadapi Afghanistan belakangan ini dan berharap semua itu akan dapat segera terselesaikan.

Hassan Kazemi Qomi tiba di Kabul, Senin, dan dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Taliban selama kunjungan tiga harinya.

Di bandara Kabul dia mengatakan bahwa beberapa negara menggunakan nama terorisme untuk mengobarkan perang proksi di Afghanistan. (mm/alalam)

Baca juga:

[Video:] Helikopter Pengintai Iran Dekati Kapal AS di Teluk Persia

Pentagon: Helikopter Iran Tiga Kali Kitari Kapal Perang AS Sejarak 20-an Meter

DISKUSI: