Pentagon: Helikopter Iran Tiga Kali Kitari Kapal Perang AS Sejarak 20-an Meter

0
220

Washington, LiputanIslam.com –  Kemhan Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa sebuah helikopter Angkatan Laut Iran pada hari Kamis pekan lalu terbang pada jarak 25 yard (sekira 22 meter) dari kapal perang USS Essex, yang sedang berlayar melalui perairan internasional di Teluk Oman.

Juru bicara Pentagon John Kirby, Senin (15/11), menyatakan peristiwa tersebut sembari menjelaskan bahwa helikopter Iran itu terbang dekat dengan sisi pelabuhan kapal dan, pada satu titik, “serendah sekitar 10 kaki dari permukaan laut”.

Dia menambahkan bahwa Helikopter itu mengitari kapal sepanjang 820 kaki itu tiga kali sebelum berangkat. Essex adalah kapal serbu amfibi kelas Wasp.

“Tanpa menjelaskan secara spesifik, awak Essex mengambil tindakan perlindungan pasukan yang sesuai, yang mereka rasa perlu, dan mereka bertindak sesuai dengan hukum internasional,” kata Kirby.

Dia juga mengatakan, “Pada akhirnya tidak ada dampak pada transit Essex atau operasinya, tapi itu tidak berarti bahwa ini bukan tindakan yang tidak aman dan tidak profesional.”

Kirby menyebut insiden itu “berbahaya” karena komandan kapal AS “memiliki hak untuk membela diri.”

“Ketika Anda memiliki angkatan bersenjata lain – dalam hal ini, Angkatan Laut Iran – yang terbang seperti ini, Anda pasti menghadapi risiko semacam eskalasi dan salah perhitungan di kedua sisi di sini, dan itu tidak membantu. Yang ini berakhir damai, tapi bukan berarti aman dan profesional,” katanya.

Sebelumnya, telah beredar penggalan video peristiwa itu, yang diambil oleh pasukan Iran dari helikopter tersebut.  Namun para pejabat Iran belum membuat pernyataan mengapa helikopter itu terbang sedemikian dekat jaraknya dengan Essex.

Insiden demikian sudah berulang kali terjadi di tengah ketegangan antara AS dan Iran yang sudah berlangsung lama.

Dilaporkan bahwa pada bulan April dan Mei lalu AS melepaskan tembakan peringatan terhadap kapal Korps Garda Revolusi Islam IRGC) Iran yang mendekati kapal Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS dengan kecepatan tinggi.  (mm/ss/fna)

Berita Terkait:

[Video:] Helikopter Pengintai Iran Dekati Kapal AS di Teluk Persia

DISKUSI: