Tanggapi Kecaman Terhadap Iran, Teheran Sebut Liga Arab Tak Mengerti Perkembangan Regional

0
163

Teheran, LiputanIslam.com  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengecam apa yang disebutkan dalam pernyataan pertemuan ke-158  para menteri luar negeri Liga Arab dan dugaan Komisi Segi Empat di Iran.

Kanaani mengatakan bahwa pernyataan Liga Arab itu menunjukkan bahwa beberapa negara Arab tidak memahami dengan baik jalannya perkembangan di kawasan dan mengabaikan realitas Timur Tengah.

Dia menyarankan negara-negara itu agar sebaiknya berfokus pada kejahatan Rezim Zionis Israel terhadap rakyat tertindas Palestina daripada mengulangi tuduhan yang berulang dan “tak bernilai”.

Kanaani juga menyebut pernyataan para menteri luar negeri Liga Arab itu kontadiktif karena dikeluarkan  ketika beberapa negara Arab justru bergerak meningkatkan hubungan mereka dengan Iran.

Dia lantas menegaskan kembali pendirian tegas Iran yang mengajak negara-negara jirannya untuk berbicara dan menyelesaikan kesalahpahaman melalui kanal diplomatik.

Kanaani menolak tuduhan pernyataan mengenai tiga pulau Iran, dan menekankan bahwa semua tindakan Iran adalah dalam rangka melaksanakan kedaulatan atas integritas teritorial negara, dan mengutuk campur tangan pihak lain dalam urusan ini.

Dia juga menekankan kemampuan Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran mengawasi dan menjaga keamanan navigasi di kawasan Teluk Persia serta mewaspadai segala bentuk gangguan dan ketidakamanan maritim.

Dia lantas menegaskan bahwa keamanan kawasan Teluk Persia harus digalang oleh negara-negara kawasan ini sendiri tanpa campur tangan asing. (mm/alalam)

Baca juga:

Iran Pamerkan Kecanggihan Kapal-Kapal Perang Baru Angkatan Laut IRGC

Militer Iran Mengaku Siap Hadapi Ancaman Senjata Biologi dan Kimia

DISKUSI: