Iran Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antar Kelompok Afghanistan

0
235

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran menjadi tuan rumah perundingan damai antar kelompok Afghanistan yang melibatkan para pejabat pemerintah Afghanistan dan para pemimpin politik Taliban.

Dalam kata sambutan di awal pertemuan yang berlangsung di Teheran, ibu kota Iran, Rabu (7/7), Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menekankan dukungan negaranya kepada proses pembicaraan damai  antar-Afghanistan dalam rangka menyelesaikan konflik dan krisis yang sudah sekian lama melanda Afghanistan.

Sembari menyinggung kekandasan AS dan kehadirannya yang merusak di Afghanistan selama lebih dari dua dekade, Zarif menyatakan bahwa rakyat dan pemimpin politik Afghanistan harus membuat keputusan kuat untuk membangun masa depan negara mereka.

Zarif lantas menggaris bawahi komitmen negaranya untuk berkontribusi pada pembangunan politik, ekonomi, dan sosial Afghanistan secara komprehensif setelah perdamaian terjalin.

Dalam putaran pembicaraan ini, delegasi Republik Islam Afghanistan dipimpin oleh Yunus Qanuni, mantan Menteri Luar Negeri Afghanistan, sementara delegasi Taliban dipimpin oleh Mohammad Abbas Stanekzai, wakil kepala kantor politik Taliban.

Di hari yang sama, Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai kepada BBC mengatakan bahwa kehadiran pasukan AS di negaranya justru menyumbang suburnya terorisme di Afghanistan.

“AS datang ke Afghanistan 20 tahun yang lalu atas nama perang melawan terorisme. Apakah mereka berhasil memeranginya? Apakah mereka melawannya dengan jujur? Tidak. Karena itu, AS kembali ke Afghanistan atas nama perang melawan ekstremisme, saya, sebagai orang Afghanistan, tidak akan menyambutnya,” ujarnya, seperti dikutip TOLO News.

Dia juga memastikan bahwa pasukan Afghanistan “lebih siap memikul tanggung jawab melindungi negaranya sendiri”. (mm/mna)

DISKUSI: