Sumber Diplomatik: Al-Zawahiri Terbunuh, Tapi Bukan karena Serangan yang Diklaim AS

0
114

Beirut, LiputanIslam.com  Sumber-sumber diplomatik mengungkapkan kepada saluran berita Al Mayadeen bahwa kelompok Taliban yang berkuasa di Afghanistan telah mengkonfirmasi tewasnya pemimpin organisasi teroris Al-Qaeda, Ayman Al-Zawahiri, dan saksi-saksi terpercaya Taliban juga mengaku telah melihat jasadnya.

Namun demikian, sumber-sumber itu mengatakan bahwa Al-Zawahiri tidak terbunuh seperti yang dilaporkan Washington, melainkan akibat ledakan misterius.

Presiden AS Joe Biden Senin lalu mengaklaim pihaknya telah membunuh Al-Zawahiri, tersangka dalang serangan 11 September 2001.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Biden mengatakan serangan di Kabul, ibu kota Afghanistan, telah dilakukan pada hari Sabtu.

“Saya memberikan persetujuan akhir untuk menjemputnya,” katanya, sembari menyebutkan bahwa tidak ada korban sipil.

“Keadilan telah ditegakkan dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” imbuh Biden.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan Al-Zawahiri tewas di balkon sebuah rumah di Kabul dalam serangan drone, dan bahwa tidak ada sepatu bot (pasukan) AS di wilayah di Afghanistan.

Pejabat itu mengatakan bahwa kehadiran Al-Zawahiri di Kabul merupakan “pelanggaran yang jelas” terhadap kesepakatan yang telah ditandatangani Taliban dengan AS di Doha pada tahun 2020 dan yang telah membuka jalan bagi penarikan AS dari Afghanistan. (mm/almayadeen)

Baca juga:

Warga Afghanistan Ragu AS Bunuh Pemimpin al-Qaeda

Pemimpin Al-Qaeda Ayman Zawahiri Dikabarkan Tewas Diserang Drone AS

DISKUSI: