Warga Afghanistan Ragu AS Bunuh Pemimpin al-Qaeda

0
102

Kabul,LiputanIslam.com-Dalam jumpa pers di Gedung Putih Selasa kemarin, Presiden AS Joe Biden mengumumkan,  AS telah membunuh Pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Dhawahiri. Dia disebut Biden telah menyebabkan tewasnya banyak orang AS dalam berbagai serangan.

Kantor berita AFP mewawancarai warga Afghanistan di Kabul dan menanyakan pendapat mereka soal klaim Washington ini.

Seorang warga Kabul bernama Fahim Shah mengatakan,”Sejak dahulu hingga sekarang, kami sudah mendengar propaganda semacam ini. Semuanya tidak benar. Pada hakikatnya, saya tidak percaya dia terbunuh di sini.”

Warga Kabul lainnya, Abdulkabir mengaku ia mendengar suara serangan pada Minggu pagi. Dia mendesak AS untuk membuktikan siapa sebenarnya yang terbunuh.

“Mereka hanya tinggal menunjukkan kepada dunia bahwa ‘kami telah menargetkan orang ini dan ini adalah bukti-buktinya. Kami berpikir bahwa mereka membunuh orang lain dan mengumumkan bahwa dia adalah Pemimpin al-Qaeda. Ada banyak tempat yang bisa dijadikannya untuk bersembunyi di Pakistan atau bahkan di Irak,”tandasnya.

Seorang mahasiswa Afghanistan, Muhammad Bilal berkata kepada AFP bahwa ia sangsi al-Dhawahiri tinggal di Kabul.

“Ini (al-Qaeda) adalah sebuah kelompok teroris. Saya tidak berpikir bahwa mereka mengirim pemimpin mereka ke Afghanistan. Kebanyakan pemimpin kelompok-kelompok teroris, termasuk Taliban ketika bertempur melawan pasukan Afghanistan, hidup di Pakistan atau UEA,”kata Bilal. (af/fars)

DISKUSI: